WFH Bikin Orang Tak Mau Ambil Jam Istirahat

    Kumara Anggita - 21 Juni 2020 14:00 WIB
    WFH Bikin Orang Tak Mau Ambil Jam Istirahat
    Survei Staffordshire University mengatakan selama WFH orang malah tak mengambil jam istirahat. (Foto: Pexels.com)
    Jakarta: Pada umumnya kita menganggap bahwa istirahat dalah momen yang ditunggu-tunggu saat bekerja. Ternyata penelitian menunjukkan tak demikian. Banyak orang merasa bersalah mengambil waktu tersebut.

    Hal ini diperparah dengan keadaan Work from Home (WFH). Orang yang sedang WFH cenderung semakin tak mau ambil jam istirahatnya. 

    Kenapa bisa? Dilansir dari Science Daily penelitian baru dari psikolog kesehatan di Staffordshire University oleh Dr Mike Oliver menemukan dalam surveinya bahwa sebanyak 66 persen dan 82 persen pekerja tak selalu mengambil jam istirahatnya. 

    Hal ini terjadi karena berbagai faktor, salah satu yang disebutkan olehnya adalah karena orang cenderung mau istirahat karena diajak teman kerjanya atau disuruh oleh bosnya.

    "Kami menemukan bahwa salah satu cara terbaik untuk memastikan bahwa Anda mengambil istirahat adalah dengan ikutan bersama rekan kerja Anda, atau didorong oleh atasan Anda. Jika mereka tidak secara fisik dekat dengan Anda, kami mungkin merasa lebih sulit untuk melakukannya. Bertindak atas dorongan sosial ini,” ungkapnya.

    Mengingat WFH membuat orang tak bertemu siapa-siapa. Mike percaya bahwa semakin malas untuk beristirahat. Mike menjelaskan bahwa pola perilaku ini mungkin didasarkan atas keinginan seseorang untuk sesegera mungkin menyelesaikan pekerjaannya. 

    Mike dan rekan peneliti lainnya merekomendasikan penelitian lebih lanjut dan perubahan organisasi untuk mendukung peningkatan kesehatan dan kesejahteraan di tempat kerja.

    Tapi, walaupun Anda malas untuk beristirahat karena menganggap kerja di rumah saja, tetap lakukan manajemen waktu dengan baik agar tubuh Anda tetap sehat selama WFH.




    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id