Bersihkan Barang Ini Setiap Hari, Saat dan Setelah Covid-19

    Sunnaholomi Halakrispen - 17 Mei 2020 08:00 WIB
    Bersihkan Barang Ini Setiap Hari, Saat dan Setelah Covid-19
    Bersihkan beberapa item yang sering Anda dan keluarga pegang di rumah selama pandemi covid-19 atau korona ini dan setelah covid-19 ini berlalu. (Foto: Pexels.com)
    Jakarta: Pandemi korona atau covid-19 menular dengan penyebaran virus yang tak pandang bulu. Pola hidup bersih dan sehat adalah solusi terbaik. Namun, ada sejumlah barang harus dibersihkan setiap hari. Pembersihan ini wajib dilakukan, bahkan usai pandemi.

    "Sering membersihkan permukaan yang tingkat sentuhannya tinggi adalah cara yang efektif untuk menghentikan penyebaran kuman, tidak hanya selama pandemi saat ini, tetapi lakukan juga setiap kali ada orang di rumah yang sakit," ujar Carolyn Forte, direktur peralatan rumah dan produk pembersih lab di Good Housekeeping, dikutip dari Reader's Digest.

    Meskipun Anda tidak perlu menggosok rumah dari lantai hingga ke langit-langit setiap hari, praktik kebersihan yang tepat dapat membuat Anda dan keluarga tetap sehat, terhindar dari virus penyebab penyakit. Berikut daftar barang yang wajib dibersihkan setiap hari.

    1. Gagang pintu

    Anda harus membersihkan gagang pintu setiap hari, karena benda ini selalu dipegang orang yang keluar dan masuk rumah. Prinsipnya, semakin sering suatu barang disentuh, semakin sering pula barang itu perlu dibersihkan dan didisinfeksi.

    Para ahli menyarankan untuk membersihkannya dengan sabun dan air terlebih dahulu, supaya menghilangkan bakteri dan kotoran. Kemudian, bersihkan gagang pintu dengan lap atau semprotan disinfektan.

    Misalnya, menggunakan pemutih baju yang mengandung natrium hipoklorit, alkohol atau isopropil, atau produk apa pun dengan kadar alkohol 60 persen atau lebih tinggi seperti Lysol atau Clorox. Untuk memastikan bahwa disinfektan bekerja dengan efektif, biarkan mengering sesuai waktu yang disarankan pada label produk. 

    2. Kemudi

    Anda mungkin mengemudi kurang dari biasanya setelah diberlakukannya PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Tetapi, Anda harus tetap mendisinfeksi permukaan kontak tinggi di dalam mobil (gagang atau motor) itu sesering membersihkan permukaan di dalam rumah Anda. 

    Ketika peritel mobil Inggris, Motorpoint, menguji 20 titik pada mobil biasa, mereka menemukan bahwa setir memiliki kuman dengan konsentrasi tertinggi. Gagang dan kontrol pintu, perpindahan gigi, dan tombol dasbor juga penuh dengan bakteri. 

    Tisu disinfektan seperti kandungan Lysol dapat membersihkan sebagian besar permukaan di dalam mobil Anda. Tetapi, gunakanlah tisu khusus saat membersihkan jok kulit atau layar sentuh mobil Anda. 

    Untuk menghindari membawa penyakit kembali ke kendaraan Anda saat bepergian, Forte merekomendasikan untuk menggunakan pembersih tangan sebelum menyentuh permukaan interior mobil Anda.

    3. Sakelar lampu

    Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa covid-19 dapat hidup dalam dua hingga tiga hari di permukaan plastik dan stainless steel, termasuk di sakelar lampu. Seperti gagang pintu dan permukaan sentuhan tinggi lainnya di rumah Anda, bersihkan lampu Anda terlebih dahulu dengan alkohol atau disinfektan yang bisa membunuh kuman. Pastikan aliran listrik Anda aman atau jika perlu telah dimatikan.

    4. Handphone

    Menurut tinjauan literatur ilmiah dari 56 studi dari 24 negara, handphone Anda adalah salah satu item yang bisa menjadi sarang penyakit seperti coronavirus. Untuk membersihkan ponsel Anda dengan baik, bersihkan dengan kain kering yang lembut untuk menghilangkan kotoran, debu, atau sidik jari. Kemudian, gunakan tisu atau semprotan berbasis alkohol yang setidaknya mengandung 70 persen alkohol untuk mendisinfeksi layar. 

    Hal yang sama berlaku untuk tablet dan barang elektrinik layar sentuh lainnya yang terletak di sekitar rumah. Sementara itu, hindari menyemprotkan perangkat Anda secara langsung. Gunakan tisu lalu lap.

    5. Kartu kredit atau debit

    Barang-barang yang Anda bawa ke publik secara teratur, seperti kartu kredit dan kartu debit, harus sering didesinfeksi untuk mencegah penyakit seperti covid-19. Setelah menggesek kartu Anda, usap dengan cepat menggunakan tisu disinfektan, terutama setelah ditangani oleh kasir. 

    Perawatan yang sama berlaku untuk benda-benda lain yang biasanya Anda bawa, seperti kunci dan dompet. Pikirkanlah tentang apa saja yang disentuh tangan Anda setiap harinya dan berikan perhatian khusus pada permukaan itu untuk dibersihkan secara rutin. 



    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id