Munculnya Ular Menandakan Kesehatan Ekosistem Rantai Makanan

    Farhan Dwitama - 18 Desember 2019 15:28 WIB
    Munculnya Ular Menandakan Kesehatan Ekosistem Rantai Makanan
    Ular (Foto: Ajayvir Lar/Pexels)
    Tangerang: Yayasan Ular Indonesia Sioux, mengingatkan masyarakat untuk tidak panik terhadap fenomena kemunculan ular di area perumahan. Jika bertemu ular, masyarakat diminta segera melaporkan ke pihak terkait dan tidak dilakukan pemusnahan.

    "Cukup diamankan jangan dibunuh, dipindahkan, atau hubungi tim SIOUX," kata anggota Sioux, Muhamad Dzawil Arham pada Rabu 18 Desember 2019.

    Dia menegaskan, kemunculan ular yang ramai diberitakan saat ini, merupakan fenomena biasa. Bermunculnya ular-ular juga menandakan kesehatan ekosistem rantai makanan di suatu wilayah.

    "Sebab keberadaan ular di sekitar area pemukiman adalah hal yang biasa, karena ular bagian dari rantai makanan yang berarti salah satu kunci dari keseimbangan ekosistem," ucap Dzawil.

    "Hilangkan istilah teror anak kobra, karena anak-anak kobra tersebut tidak bisa memilih tempat di mana mereka akan menetas. Apakah itu dekat dengan manusia atau jauh. Jadi kalau bertemu dengan anak kobra ya biasa-biasa saja," terangnya.

    Seperti diketahui, fenomena ular masuk ke pemukiman membuat hidup warga tak tenang. Beberapa pemukiman yang didatangi oleh anak ular kobra di antaranya, di daerah Depok Jawa Barat dan Klaten Jawa Tengah.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id