3 Langkah Antistres dari Marie Kondo

    Medcom - 09 Januari 2020 17:02 WIB
    3 Langkah Antistres dari Marie Kondo
    Mengurangi stres Anda bisa dimulai dari hal yang terdekat, misalnya meja kantor Anda. (Foto: Pexels.com)
    Jakarta: Stres adalah hal wajar yang dialami manusia. Tekanan ini berasal dari luar pikiran dan tidak mengenal usia. Menurut pakar psikolog, Handoko (1997), stres adalah suatu kondisi ketegangan yang memengaruhi emosi, proses berpikir, dan kondisi seseorang.

    Penyebabnya pun beragam. Bisa karena rumah yang berantakan, jalanan yang macet, deadline yang tak kunjung ada hentinya, dan lainnya.

    Sebagai dampaknya, stres bisa memengaruhi aktivitas dan kinerja seseorang. Rutinitas yang seharusnya bisa berjalan lancar, bisa jadi terkendala.

    Secara umum, ada beberapa hal yang dapat membantu kita untuk mengelola stres dengan signifikan, salah satunya adalah dengan cara mengelola stres mulai dari hal di sekitar kita. Misalnya dari hal yang paling terkecil, seperti membereskan barang di rumah.

    Berbicara tentang mengendalikan stres, paling tepat jika melihat semangat seorang bernama Marie Kondo. Dikenal dengan nama Konmari, perempuan asal Jepang ini sudah memiliki series di Netflix yang berjudul "Tidying Up with Marie Kondo".

    Ia juga punya lebih dari 10 judul buku yang membahas kebersihan dan keteraturan barang. Sebagai organizing consultant, Konmari mencetuskan metode dengan tagline: “keep items that spark joy”, atau simpan barang-barang yang memberikan kita kesenangan.

    Menurut Konmari, cara yang paling sederhana untuk merapikannya adalah memisahkan barang-barang kita dengan perlahan, di waktu luang, dan bisa berjalan selama berbulan-bulan.


    (Anda bisa mengikuti langkah Marie Kondo, dimulai hari ini sedikit demi sedikit. Foto: Dok. Instagram Marie Kondo/@mariekondo)

    Anda bisa mengikuti langkahnya supaya stres tidak melanda Anda. Antara lain:

    1. Buat tiga jenis kardus

    Sediakan tiga buah kardus atau tempat apa saja untuk menaruh barang. Ketiga kardus ini akan diberi tanda: “donasi”, “jual”, dan “buang”. Selama proses ini, Anda harus tetap mempertimbangkan, mana barang masih layak pakai, bisa dijual, atau harus dibuang.

    2. Melihat progresnya

    Seiring dengan berjalannya waktu, setiap kardus akan mencerminkan progres kita. Pada saat ini pun kita akan sadar bahwa ternyata banyak sekali barang tidak penting yang memengaruhi tekanan di dalam pikiran kita.

    3. Kondisi rapi menciptakan ketenangan

    Merapikan lingkungan yang berantakan akan membantu pikiran bawah sadar kita untuk ikut teroganisasi. Dengan ruang pikiran yang nyaman dan tidak penuh, Anda akan jauh lebih mudah menghadapi stres. Bahkan, Anda akan mampu mengelola stres dan memberi dampak baik bagi kesehatan diri sendiri.

    Jadi, tidak perlu terburu-buru atau mengeluarkan banyak uang. Mulailah dengan langkah yang paling sederhana, yakni benahi lingkungan terdekat seperti kamar, rumah, dan tempat kerja. Belum terlambat, mulailah dari hari ini, dan mulailah dari hal yang terkecil dan terdekat dari Anda misalnya meja kerja atau bagian satu sudut dapur Anda.

    Talitha Nuralodia Mailangkay





    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id