Beberapa Asupan yang Memicu Penyakit Kulit Rosacea

    Raka Lestari - 28 November 2019 10:00 WIB
    Beberapa Asupan yang Memicu Penyakit Kulit Rosacea
    Ilustrasi- Pixabay
    Jakarta: Rosacea merupakan penyakit kulit radang kronis. Biasanya tanpa penyebab yang diketahui, namun ditandai dengan kemerahan pada wajah dan papula, atau pustula seperti jerawat. Salah satu faktor yang bisa menjadi pemicu munculnya rosacea adalah asupan.

    Berikut ini adalah beberapa asupan yang bisa memicu kulit Anda mengalami rosacea:

    -Makanan mengandung histamin

    Beberapa penderita mungkin peka terhadap makanan yang mengandung histamin tinggi. Seperti buah jeruk dan kacang-kacangan, atau makanan yang melepaskan histamin, di antaranya tomat dan kerang.

    Menurut MindBodyGreen.com, histamin menyebabkan pembuluh darah Anda membengkak, atau melebar. Sehingga berkontribusi pada berbagai macam masalah.

    -Alkohol

    Menurut National Rosacea Society, alkohol merupakan salah satu pemicu rosacea yang paling sering dilaporkan.

    "Alkohol menyebabkan vasodilatasi atau peningkatan aliran darah melalui kulit, yang dapat membuat kulit tampak lebih merah,” jelas John E. Wolf, Jr., MD, profesor dan ketua departemen dermatologi di Baylor College of Medicine.

    -Makanan pedas

    Menurut data survei National Rosacea Society, berbagai jenis makanan pedas dapat memicu timbulnya rosacea. Sedangkan menurut jurnal Dermatology Practical & Conceptual, makanan pedas memperburuk gejala penyakit hingga 75 persen bagi mereka yang mengalami rosacea.

    Beberapa peneliti percaya bahwa ada korelasi antara munculnya rosacea yang disebabkan makanan pedas dengan gangguan pencernaan.

    -Daging yang dimarinasi

    Daging yang dimarinasi dianggap sebagai salah satu penyebab munculnya rosacea, meskipun dalam kasus yang jarang.

    Menurut studi yang dilakukan pada 2009 oleh National Center for Epidemiology and Population Health di The Australian National University, menemukan bahwa sulfit yang ditemukan pada daging yang dimarinasi dapat berkontribusi pada gejala kulit kronis.

    -Makanan fermentasi

    "Beberapa makanan dan minuman menyebabkan jenis rosacea yang memerah sementara. Sedangkan yang lain mungkin menginduksi tipe papulopustular yang meradang," kata Richard Odom, MD, profesor klinis dermatologi dan mantan ketua ketua dermatologi di University of California.

    Meskipun makanan yang dapat memicu rosacea bersifat subjektif, tetapi makanan yang difermentasi seperti keju tertentu dianggap dapat menjadi pemicu rosacea bagi beberapa pasien.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id