Tips Pilih Buah dan Minuman Rendah Lemak

    Sunnaholomi Halakrispen - 22 Januari 2020 15:03 WIB
    Tips Pilih Buah dan Minuman Rendah Lemak
    Grapefruit atau jeruk bali tidak memiliki khasiat pembakaran lemak yang ajaib, tetapi dapat membantu Anda merasa kenyang dengan lebih sedikit kalori. (Ilustrasi/pexels)
    Jakarta: Tak hanya makanan berat, sejumlah buah dan minuman juga bisa bermanfaat untuk menjaga kadar kolesterol. Kuncinya, mengonsumsi buah-buahan dan minuman yang rendah lemak.

    Berikut daftar buah-buahan dan minuman yang rendah lemak, seperti dimuat WebMD:

    1. Jeruk bali

    Grapefruit atau jeruk bali tidak memiliki khasiat pembakaran lemak yang ajaib, tetapi dapat membantu Anda merasa kenyang dengan lebih sedikit kalori. Sebab, serat larutnya membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. 

    Mengonsumsi setengah grapefruit atau segelas jus grapefruit sebelum makan membuat Anda kenyang. Sehingga, Anda akan makan lebih sedikit kalori selama makan.

    2. Semangka

    Makanan yang kaya air membutuhkan lebih banyak ruang di usus Anda. Kondisi ini menandakan tubuh bahwa Anda sudah cukup makan dan meninggalkan lebih sedikit ruang untuk makanan lain. 

    Banyak buah-buahan dan sayuran mentah penuh dengan air dan nutrisi dan rendah kalori. Semangka adalah contoh yang bagus. Buah ini merupakan sumber antioksidan lycopene yang baik dan juga memberi Anda vitamin A dan C.

    3. Pir dan apel

    Pir dan apel juga tinggi kadar airnya. Makanlah dengan kulitnya untuk mendapatkan serat ekstra, yang akan membuat Anda kenyang lebih lama. Pilihlah buah utuh daripada jus buah. 

    Anda akan mendapatkan lebih banyak serat dan Anda harus mengunyah buahnya. Cara ini membutuhkan waktu lebih lama dan Anda akan membakar beberapa kalori saat mengunyah.

    4. Anggur VS kismis

    Bandingkan dua cangkir anggur dengan 1/4 cangkir kismis. Pilihan mana pun memiliki sedikit lebih dari 100 kalori, tetapi Anda mungkin akan lebih puas dengan anggur. Namun untuk menikmati kismis, Anda bisa mencoba menabutkan beberapa kismis atau cranberry kering ke salad.

    5. Beri

    Seperti buah lainnya, buah beri tinggi air dan serat yang bisa membuat Anda kenyang lebih lama. Buah ini juga manis, memuaskan Anda untuk sebagian kecil dari kalori yang Anda dapatkan dari mengonsumsi kue atau brownies. Blueberry adalah contoh yang baik karena penuh dengan antioksidan.

    6. Kopi

    Kedengarannya terlalu bagus untuk menjadi kenyataan bahwa salah satu minuman favorit Anda dapat meningkatkan metabolisme dan membantu Anda menurunkan berat badan. Kopi memang merangsang metabolisme, tetapi hanya sedikit. 

    Jangan mengandalkan mengonsumsi kopi untuk menurunkan berat badan. Terutama, jika Anda menambahkan kalori dengan topping krim atau gula berlebih.

    7. Teh hijau

    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa teh hijau dapat meningkatkan maupun menurunkan berat badan dengan merangsang tubuh untuk membakar lemak. Teh hijau mengandung katekin, sejenis fitokimia yang secara singkat dapat memengaruhi metabolisme.

    Untuk mendapatkan manfaat maksimal, Anda mungkin perlu minum teh hijau beberapa kali sehari. Cobalah meminum teh, karena butuh waktu lebih lama untuk minum, memberikan pengalaman yang menenangkan dan penuh perhatian. 

    8. Susu skim

    Susu skim menyediakan banyak protein, kalsium, dan vitamin D tanpa lemak yang ditemukan dalam susu murni. Meskipun bebas lemak, susu skim dapat membantu Anda merasa kenyang.



    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id