Manfaat Stem Cell untuk Kecantikan

    Raka Lestari - 21 Juli 2019 15:59 WIB
    Manfaat Stem Cell untuk Kecantikan
    Manfaat stem cell di area wajah di antaranya adalah dapat menghilangkan flek kulit (hiperpigmentasi) dan mengobati jerawat akut (Foto Ilustrasi: Pixabay)
    Stem cell atau sel punca ini dapat ditemukan pada setiap tubuh kita. Sebab setiap manusia mempunyai sel induk yang mempunyai kekuatan untuk berkembang biak atau beregenerasi.

     
    Jakarta: Banyak orang yang mengagumi kecantikan, terutama para wanita. Berbagai cara pun dilakukan oleh kaum hawa demi bisa mendapatkan wajah yang selalu terlihat cantik, cerah dan awet muda.

    Terkadang, berbagai cara ekstrem pun ditempuh demi mendapatkan tampilan wajah yang memukau. Salah satunya stem cell ata sel punca.

    Menanggapi cara kecantikan ini, dr. Zenitalia Pasongka,. M.Biomed (AAM) mencoba menjelaskannya. Menurutnya, setiap manusia mempunyai sel induk yang mempunyai kekuatan untuk berkembang biak atau beregenerasi. Stem cell ini dapat ditemukan pada setiap tubuh kita.

    "Kemampuan beregenerasi tersebut digunakan oleh ilmuwan untuk dimanfaatkan dalam melawan penyakit, sehingga dapat menggantikan jaringan yang rusak dan dapat menyembuhkan dirinya sendiri baik dari dalam maupun dari luar," ucap dr. Nita.

    "Dalam hal ini kulit juga mengalami keriput, kering ,dan kusam serta sel-sel yang telah mati, tidak lagi elastis dan sebagainya. Akibat sel-sel kulit yang telah rusak dan menua tersebut maka bisa diganti dengan sel-sel baru yang lebih muda dan lebih segar," jelas dr. Nita.

    Stem cell atau sel punca tersebut biasanya diaplikasikan ke dalam lapisan kulit wajah dengan cara langsung disuntikkan. Jadi jika ada yang menjual dalam bentuk kapsul atau serum didalam botol, bisa dipastikan bukan Stem cell, kemungkinan hanya asam amino.

    Sel punca yang diambil biasanya dapat diperoleh dari sel lemak, sum-sum tulang belakang, dan tali pusat. Namun untuk terapi kecantikan biasanya menggunakan sel lemak yang diambil dari lapisan lemak di tubuh pasien seperti daerah perut atau pinggang.

    Sel lemak yang diambil kemudian diproses dan disimpan dalam laboratorium khusus untuk menghasilkan stem cell.  Stem cell tersebut dipisahkan dari sel lemak, lalu stem cell tersebut yang akan disuntikkan kembali kedalam tubuh.

    "Saat disuntikkan, Stem cell akan mencari daerah yang akan diperbaiki. Setelah sampai di daerah tersebut akan memperbaiki jaringan yang telah rusak tersebut. Sehingga jaringan yang rusak tersebut kembali berfungsi normal kembali. Kalau disuntikkan diwajah maka akan memperbaiki jaringan kulit pada wajah," jelas dr. Nita.

    Lebih lanjut, dr. Nita juga menjelaskan beberapa manfaat melakukan stem cell. Terutama pada area wajah di antaranya adalah dapat menghilangkan flek kulit (hiperpigmentasi), mengobati jerawat akut, menghilangkan luka paruk, menghilangkan kerutan, mengencangkan kulit wajah dan memberikan warna kulit lebih cerah.

    "Pada umumnya, metode sel punca ini bisa bertahan sekitar 3-5 tahun tergantung kondisi tiap pasien," tutup dr. Nita.

    Rahasia Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat dan Awet Muda




    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id