13 Benda yang Ditemukan Orang-Orang Hispanik

    Timi Trieska Dara - 18 September 2019 10:15 WIB
    13 Benda yang Ditemukan Orang-Orang Hispanik
    Ilustrasi pil KB--Foto:Marieclaire.
    Jakarta: Dari kamar mandi hingga ruang dokter, Anda akan menemukan beberapa inovasi sains, teknologi, dan imajinasi terbaik. Untuk merayakan Bulan Warisan Hispanik, kami beralih ke kontribusi 13 penemu Hispanik dan kreasi mereka yang berguna, seperti dilansir Reader's Digest.

    1. E-book

    Seorang guru di Galicia, Spanyol, Ángela Ruiz Robles menemukan cara buku mekanik pertama pada tahun 1949. Dia mencari cara untuk memungkinkan murid-muridnya membawa lebih sedikit buku ke dan dari kelas, jadi dia membuat ensiklopedia mekanis. Itu digambarkan sebagai "metode mekanis, listrik, dan tekanan udara didorong untuk membaca buku." Meskipun dipatenkan, ciptaan Robles tidak mendapatkan dana yang dibutuhkan untuk berhasil, menempatkannya di antara banyak dalam daftar penemu wanita yang kurang dikenal.

    2. Laringoskop

    Penyanyi dan guru suara Spanyol Manuel García menemukan laringoskop pada tahun 1854. Alat ini menciptakan kemampuan untuk melihat kotak suara manusia yang berfungsi dalam aksi. Modelnya dibuat menggunakan dua cermin dan matahari untuk sumber cahaya eksternal. Sebagai seorang guru pedagogi vokal, García sangat ingin tahu tentang mekanisme suara manusia. Penemuannya masih berguna hari ini dalam studi fonetik dan diagnosis kondisi mulut seperti radang tenggorokan.

    3. Pil KB

    Ahli kimia Meksiko Luis Miramontes hanya seorang mahasiswa pascasarjana ketika pada usia 25 tahun, ia direkrut oleh Syntex Corporation untuk bekerja di laboratorium mereka. Meskipun progesteron digunakan dalam kontrasepsi sebelum 1951, perlu disuntikkan. Miramontes mengerjakan bagian teka-teki yang hilang untuk membuat progestin, sejenis hormon progesteron yang dapat diambil secara oral untuk mencegah ovulasi. Obat disfungsi ereksi, Viagra, di sisi lain, adalah penemuan yang tidak disengaja.

    4. Televisi berwarna

    Pada usia muda 23 tahun, insinyur Meksiko Guillermo González Camarena mematenkan sistem yang akan memungkinkan televisi untuk dilihat dalam warna, bukan hitam dan putih. Dia menyebutnya "adaptor kromosom untuk peralatan televisi." Pada 1963, dia melihat penemuannya berhasil dengan siaran televisi berwarna pertama.

    5. Jantung buatan

    Ahli bedah Argentina Domingo Liotta mengembangkan jantung buatan pada akhir 1950-an. Pada tahun 1963, Liotta dan E. Stanley Crawford berhasil menanamkan Perangkat Ventrikel Kiri (LVAD) melalui operasi. Pada tahun 1969, Liotta mengembangkan total jantung buatan yang akan digunakan untuk pertama kalinya di Rumah Sakit Episkopal St. Luke di Houston. Ini berhasil memompa darah ke seluruh tubuh pasien selama hampir 3 hari. Jantung artifisial permanen pertama ditemukan di Utah.

    6. Gelembung buatan neonatal

    Kadang-kadang, mukjizat dapat terjadi di unit perawatan intensif neonatal, tetapi perkembangan teknologi yang membuatnya lebih mudah bagi bayi prematur untuk bertahan hidup. Insinyur Peru Claudio Castillo Lévano menciptakan alat bantu pernapasan dan inkubator portabel untuk bayi prematur. Penemuan ini membantu menyelamatkan nyawa bayi berisiko tinggi yang lahir sebelum masa kehamilan penuh dalam perawatan intensif neonatal (NICU). Inkubator pertama digunakan di Prancis pada tahun 1880, tetapi desain Lévano, yang disebut Incuven, mengatur suhu dan mengurangi risiko kontaminasi pada bayi. Paten Incuven diterbitkan oleh Amerika Serikat pada tahun 2004, setelah lebih dari 20 tahun penelitian dan pekerjaan oleh Lévano dan rekan-rekannya.

    7. Beautyblender

    Penata rias Meksiko dan Portugis-Amerika Rea Ann Silva menciptakan salah satu alat kecantikan paling ikonik yang digunakan saat ini. Terbuat dari bahan yang dirancang khusus untuk mempertahankan kelembapan, bukannya menolaknya, beautyblender memberikan aplikasi foundation yang sempurna setiap saat. Bentuk telur yang unik dari alat seperti spons ini datang ke Silva selama kelas riasan efek khusus ketika dia mempelajari nilai penerapan riasan dengan berbagai ukuran dan bentuk alat kecantikan.

    8. Rem listrik

    Dilahirkan di Meksiko pada tahun 1850, Victor Ochoa menemukan rem listrik untuk trem. Dia menjual paten pada tahun 1907 ke American Brake Company di Seattle. Ochoa juga menemukan Ochoaplane dan kunci pas yang bisa disesuaikan. Ia juga berpikir bahwa ia menemukan pensil dan klip pena yang memungkinkan mereka untuk melekat pada saku baju. Selain menciptakan, Ochoa juga seorang pendukung Revolusi Meksiko yang bersemangat dan pada satu titik ada hadiah $50.000 di kepalanya. Dia memang menjalani hukuman dua tahun penjara dan kehilangan kewarganegaraan A.S. karena "mengorganisir pasukan di Amerika Serikat dengan tujuan untuk menyerang Meksiko." Setelah pembebasannya, Presiden Theodore Roosevelt memulihkan kewarganegaraannya dengan proklamasi khusus pada tahun 1906.

    9. The Acceleglove

    Perkembangan bahasa isyarat sudah ada sejak abad ke-17 dan telah memberikan kemampuan berkomunikasi dengan orang-orang dengan gangguan pendengaran. Bahasa isyarat bisa rumit dan tidak semua orang lancar. Itulah sebabnya pada masa awal, ilmuwan Meksiko José Hernández-Rebollar menemukan sarung tangan listrik yang dapat mengubah bahasa isyarat menjadi kata dan teks yang diucapkan. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, lebih dari 5 persen populasi dunia menderita gangguan pendengaran dan penemuan ini berpotensi untuk merevolusi cara kita berkomunikasi.

    10. Kapal selam

    Meskipun hari ini perjalanan bawah laut dan liburan sangat biasa sehingga Anda dapat menginap di hotel bawah laut seperti ini, tempat ini pernah menjadi kemajuan terdepan dan kemajuan teknologi yang berani. Pembalap Spanyol Isaac Peral merancang kapal selam pertama yang dioperasikan secara elektrik. Diluncurkan pada tahun 1888, mengarah ke negara lain untuk merancang dan menguji kapal selam serupa di seluruh dunia. Kapal selam Peral dianggap sebagai kapal selam yang dioperasikan dengan baterai listrik pertama di dunia. Ia dapat melakukan perjalanan dengan kecepatan maksimum hampir 8 knot dan menampung 12 awak.

    11. Kode CAPTCHA

    CAPTCHA adalah singkatan dari "Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart" atau "Tes Turing Publik Otomatis Sepenuhnya untuk memberitahu Komputer dan Manusia Tersendiri" dan diciptakan pada tahun 2000 sebagian oleh profesor ilmu komputer Guatemala, Luis Von Ahn. Kode Captcha adalah huruf campur aduk yang harus dicocokkan pengguna sebelum memasuki situs web. Ini dilakukan untuk tujuan keamanan untuk memblokir peretas dan bot yang dapat merusak. Von Ahn juga adalah CEO dan salah satu pendiri Duolingo.

    12. Mikroskop sinar-X

    Fisikawan Meksiko-Amerika, Albert Baez, menemukan mikroskop x-ray bersama Dr. Paul Kirkpatrick pada tahun 1948. Baez adalah Ph.D. mahasiswa di Universitas Stanford pada tahun 1940-an ketika ia dan Kirkpatrick mengembangkan optik reflektif kejadian penggembalaan untuk pemeriksaan sel hidup. Dr. Baez memimpin kontribusi panjang untuk ilmu-ilmu sebelum meninggal pada tahun 2007. Catatan: Dia adalah ayah dari penyanyi Joan Baez.

    13. Koyo obat transdermal

    Pengusaha dan ahli biokimia Uruguay Alejandro Zaffaroni menciptakan sistem untuk obat yang akan diberikan ke tubuh melalui perban kulit (koyo). Perban ini ditemukan sangat bermanfaat untuk pengiriman obat terkontrol. Zaffaroni mematenkan perangkat obat transdermal awal ini di tahun 1970-an. Saat ini, perban obat transdermal digunakan untuk mendistribusikan kontrasepsi, antidepresan, nikotin, dan obat penghilang rasa sakit.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id