• DONASI PALU/DONGGALA :
    Tanggal 14 NOV 2018 - RP 51.052.810.215

  • Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) A/n Yayasan Media Group

  • Salurkan Donasi Anda: (Mandiri - 117.0000.99.77.00) A/n Yayasan Media Group

  • Salurkan Donasi Anda: (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

Cara Sehat Ini Bisa Mengeluarkan Kemarahan Anda

Raka Lestari - 08 November 2018 15:03 wib
Setiap olahraga yang Anda lakukan pada dasarnya dapat melepaskan
"Setiap olahraga yang Anda lakukan pada dasarnya dapat melepaskan semua kelebihan energi terpendam yang mungkin Anda rasakan," kata Rachel Gersten, seorang terapis dan pelatih kesehatan. (Foto: Carl Raw/Unsplash.com)

Jakarta: Menekan kemarahan merupakan hal yang tidak mudah dilakukan. Dan rasa marah tersebut tentu tidak baik bagi tubuh, baik secara fisik maupun secara mental. Beberapa studi bahkan menemukan bahwa rasa marah berkaitan dengan peningkatan risiko kematian dini.

"Kemarahan sering dianggap sebagai sesuatu yang buruk di masyarakat kita karena cara yang mengeluarkan kemarahan yang berbahaya yang dilakukan oleh beberapa orang untuk mengungkapkannya, seperti penembakan massal, pelecehan, dan lainnya," ujar Becky Howie, MA, psikoterapis dan pelatih di NatureWise Counseling, LLC.  

"Tetapi kemarahan itu sendiri adalah emosi yang sangat sehat dan sebenarnya cukup berguna."

Dikutip dari Elite Daily, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengungkapkan rasa marah Anda namun dengan cara yang positif.

1. Mengatakannya langsung
Jika Anda berada dalam situasi di mana Anda marah dengan seseorang yang berdiri tepat di depan Anda atau yang Anda ajak bicara melalui telepon, Laura Dabney, MD, seorang psikiater menyarankan untuk bertanya secara langsung dan dengan tenang.

Kemudian sampaikan mengenai apa yang Anda butuhkan sehingga Anda akan dapat menyampaikan bahwa Anda merasa terganggu dengan perilaku mereka atau apa yang mereka katakan tersebut.

2. Berjalan
"Cukup tinggalkan ruangan dan kembali setelah Anda sudah mulai sedikit tenang dan sudah bisa memproses perasaan marah Anda tersebut," saran Dabney. Menurutnya, 20 menit biasanya merupakan waktu yang cukup untuk seseorang merasa lebih tenang dan bisa memulai percakapan baru tanpa rasa marah berlebihan.

(Baca juga: 6 Langkah untuk Meredam Amarah)


("Jika Anda kesal, cukup tinggalkan ruangan dan kembali setelah Anda sudah mulai sedikit tenang dan sudah bisa memproses perasaan marah Anda tersebut," saran Dabney seorang psikiater. Foto: Katy Belcher/Unsplash.com)

3. Atur napas
Dr Eugene Charles, direktur dari The Applied Kinesiology Center di New York, mengatakan bahwa teknik pernapasan yang mudah sangat membantu mengatasi amarah.

"Anda bisa menarik napas dalam-dalam, berhenti selama tiga detik, dan kemudian menghembuskannya perlahan," kata Dr Charles. Anda bisa melakukan hal ini selama 30 kali berturut-turut.

Menurut Dr Charles, teknik pernapasan ini dapat membantu mengubah kemarahan menjadi emosi yang lebih positif.

4. Berolahraga
"Setiap olahraga yang Anda lakukan pada dasarnya dapat melepaskan semua kelebihan energi terpendam yang mungkin Anda rasakan," kata Rachel Gersten, seorang terapis dan pelatih kesehatan/kebugaran yang berbasis di New York City.

Selain itu, Gersten juga menambahkan bahwa ketika Anda berolahraga, tubuh Anda melepaskan endorfin, yang pada akhirnya dapat membantu untuk mengangkat suasana negatif.

5. Melakukan meditasi
Tamsin Astor, Ph.D., seorang pelatih kesehatan yoga bersertifikat yang juga terlatih dalam psikologi dan neurosains, merekomendasikan untuk melakukan meditasi di mana Anda duduk dengan tenang.

Setelah itu memvisualisasikan orang yang Anda cintai, kemudian orang yang netral, dan akhirnya orang yang membuatmu merasa marah. "Pikirkanlah mereka dan ucapkan kata-kata positif kepada orang-orang tersebut, ujar Astor.




(TIN)


BACA JUGA
BERITA LAINNYA

Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.