Bahayakah Olahraga Sebelum Tidur Malam?

    Sri Yanti Nainggolan - 16 Juni 2018 16:40 WIB
    Bahayakah Olahraga Sebelum Tidur Malam?
    Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

    Jakarta: Banyak orang menghindari olahraga malam karena berpikir akan mengganggu tidur. Benarkah demikian?

    "Beberapa orang tak bermasalah olahraga di malam hari. Namun, jika memang sudah punya masalah tidur, olahraga malam dapat memperburuk," jawab Dr Stuart Quan, profesor pengobatan tidur di Harvard Medical School.


    Meskipun melelahkan secara fisik, mental akan meningkat. Selain itu, kemungkinan tingkat kortisol atau adrenalin akan lebih tinggi sehingga menghambat tidur. Namun, kenaikan tersebut umumnya hanya terjadi satu jam setelah berolahraga dan kembali normal. 

    Sebuah studi tahun 2013 oleh National Sleep Foundation menemukan bahwa tidak ada perbedaan besar terkait kualitas tidur pada mereka yang olahraga berat atau sedang empat jam sebelum tidur. 

    Penelitian yang melibatkan 1.000 orang Amerika tersebut menemukan bahwa 17 persen orang yang olahraga empat jam sebelum tidur memiliki kualitas tidur yang sangat baik dan 59 persen memiliki kualitas tidur cukup baik. 

    Sementara itu, 22 persen orang yang berolahraga lebih dari empat jam sebelum tidur memiliki kualitas tidur sangat baik, dengan 58 persen mengalami istirahat cukup baik.

    Secara keseluruhan, penelitian ini menemukan bahwa 83 persen dari olahragawan melaporkan kualitas tidur yang sangat baik, terlepas dari waktu mereka memilih untuk berolahraga, dibandingkan dengan 56 persen dari mereka yang tidak berolahraga.

    Menurut Dr. Quan, pola tidur sebagian besar ditentukan oleh genetika. "Kebaruan dan suasana malam bergantung pada ritme sirkadian dimana sebagian besar ditentukan oleh gen yang diwariskan.

    Menurutnya, orang yang lebih suka berolahraga di malam hari setidaknya memerlukan satu jam untuk menenangkan diri sebelum tidur dan mencoba untuk mendapatkan setidaknya tujuh jam tidur per malam secara rutin. 

     





    (ASA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id