Cara Menjalani Hidup dengan Penyakit Parkinson

    Torie Natalova - 18 April 2017 09:16 WIB
    Cara Menjalani Hidup dengan Penyakit Parkinson
    Penderita Parkinson harus menjalani pola makan yang sehat, seimbang dan bervariasi. (Foto: Goodhousekeeping.co.uk)
    medcom.id, Jakarta: Penyakit Parkinson merupakan sebuah kondisi degeneratif dari sistem saraf yang mempengaruhi sekitat 127 ribu pria dan wanita di Inggris. Sebagian besar yang didiagnosis penyakit ini berusia di atas 50 tahun.

    Penyakit ini bersifat progresif dan tidak dapat disembuhkan dengan gejala seperti tremor paksa dan gemetar, kekakuan otot, dan gerakan yang tidak tepat. Hal ini disebabkan oleh hilangnya sel-sel saraf di bagian otak, tapi tidak diketahui apa yang membuatnya mati.

    Meskipun Parkinson dapat membatasi pergerakan Anda, tapi dukungan yang tepat akan memungkinkan penderita penyakit ini memiliki kualitas hidup yang baik.

    Dan ini adalah tips untuk mendukung penderita Parkinson menjalani kehidupannya dengan baik.

    Cara Menjalani Hidup dengan Penyakit Parkinson

    1. Pastikan minum obat
    Sangat penting untuk terus mengonsumsi obat setiap hari dan teratur. Mengonsumsi obat di pagi hari sangat membantu. Ini juga penting untuk memahami efek samping beberapa obat yang dikonsumsi.

    2. Olahraga secara teratur
    Olahraga dan gaya hidup yang aktif dapat membantu penderita parkinson mengatasi gejala khusus, misalnya untuk memperkuat ketahanan otot-otot. Manfaat lain dari olahraga termasuk mempromosikan kepadatan tulang, meningkatkan koordinasi, meningkatkan suasana hati dan kesejahteraan mental serta menjaga otot dan sendi tetap lentur.

    (Baca juga: Mengenal Penyakit Parkinson dan Gejalanya)

    3. Makanan sehat
    Penderita Parkinson harus menjalani pola makan yang sehat, seimbang dan bervariasi. Mengurangi gula, makanan olahan dan makanan cepat saji juga penting untuk penderita Parkinson. Meningkatkan cairan dan serat penting untuk menghindari sembelit yang sering dialami penderita Parkinson.

    Cara Menjalani Hidup dengan Penyakit Parkinson

    4. Dengarkan tubuh Anda
    Sangat penting untuk mendengarkan tubuh Anda dan mengikuti sinyalnya. Jika Anda sudah merasa lelah, istirahat sejenak dan jangan memaksakan diri.

    5. Konsultasi ke dokter
    Konsultasi dengan dokter secara teratur sangat penting karena mereka memiliki masukan yang dapat berguna untuk penderita Parkinson menjalani aktivitasnya.

    6. Mengatur rutinitas sehari-hari
    Kehidupan akan menjadi lebih mudah jika sudah memiliki rutinitas sehari-hari yang direncanakan. Misalnya, mengatur waktu makan, obat dan olahraga, dapat menjadi bantuan besar bagi penderita Parkinson.





    (TIN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id