Peduli Pahlawan Kesehatan di Tengah Pandemi Covid-19

    Raka Lestari - 02 April 2020 09:01 WIB
    Peduli Pahlawan Kesehatan di Tengah Pandemi Covid-19
    Kegiatan Peduli Pahlawan Kesehatan yang diprakarsai Sandrina dan suami yaitu Eep Saefulloh Fatah.. (Ilustrasi/Foto:akun Instagram resmi @peduli_pahlawan_kesehatan)
    Jakarta: Nama Sandrina Malakiano mungkin sudah tidak asing lagi di dunia pertelevisian Indonesia, terutama di bidang jurnalistik. Sandrina Malakiano merupakan salah satu anchor di Metro TV yang cukup terkenal pada tahun 2000-an. Lama tak terdengar namanya, ternyata Sandrina memiliki bisnis kafe. 

    Kafenya bernama Abuella Café di kawasan BSD, Tangerang, Banten. Namun, lantaran wabah pandemi covid-19 bisnis wanita 48 tahun ini pun mengalami hantaman.

    “Di tengah wabah covid-19 ini, restoran kami pun harus mengalami penurunan penjualan. Pendapatan yang pada awalnya bisa mencapai Rp20 juta per hari terakhir bisa hanya mencapai Rp250 ribu,” ujar Sandrina.

    Ia mengaku tersebut mengikuti anjuran pemerintah, salah satunya adalah dengan mengalihkan layanan menjadi layanan delivery. Namun, penjualan melalui delivery juga tidak memberikan hasil yang cukup menggembirakan.

    “Akhirnya kami pun memutuskan untuk mengurangi dua pertiga dari total karyawan kami. Dan kami merasa selama masih ada kompor, selama masih ada tenaga. Kemudian kami membentuk tim kecil yang bernama Peduli Pahlawan Kesehatan. Karena sedekah yang terbaik itu adalah pada saat-saat sulit,” tutur Sandrina.

    Membuat gerakan Peduli Pahlawan Kesehatan untuk tenaga medis 

    Kegiatan Peduli Pahlawan Kesehatan yang diprakarsai Sandrina dan suami yaitu Eep Saefulloh Fatah. Tugasnya yaitu memberikan makanan untuk 200 tenaga kesehatan dari sekitar 400 pekerja medis yang ada di Grand Cempaka Business Hotel.

    “Kami berkoordinasi dengan Pemprov DKI dan kemudian mendapatkan sambutan baik dari pihak Pemprov DKI untuk memberikan asupan makanan kepada para tenaga medis yang ada di sana," terangnya. 

    Jadi, lanjutnya, kami memberikan makanan untuk makan malam mereka, biasanya setelah Maghrib sebelum para tenaga medis tersebut berjaga di rumah sakit. "Dan makanan yang kami berikan juga sudah dikonsultasikan dengan ahli gizi sehingga memang untuk nutrisinya sudah terjamin,” ujar Sandrina.

    Dan untuk pemberian boks makanan kepada tenaga medis, menurut Sandrina ada beberapa aturan yang harus diperhatikan. “Harus terpenuhi antara karbohidrat, sayuran, lauk-pauknya, tidak boleh terlalu pedas, dan harus selalu ada buah segar. Selain itu, harus selalu ada selingan seperti susu, susu kacang hijau, atau minuman probiotik,” ujarnya.

    Untuk lebih lengkapnya, bisa mengecek akun Instagram @peduli_pahlawan_kesehatan untuk mengetahui menu-menu yang akan diberikan kepada para tenaga medis.

    “Sebelum adanya covid-19 ini sebetulnya dari Abuella Café ini setiap Jumat selalu rutin ada program membagi-bagikan makanan dengan yatim piatu dan dhuafa yang dinamakan Jumat Berkah. Nah sekarang, sudah lima hari ini kami juga membagikan makanan kepada tenaga medis ini. Namun program yang Jumat Berkah itu tetap masih kami lakukan,” tutur Sandrina.

    Alasan membuat program Peduli Pahlawan Kesehatan 

    Ia menuturkan bahwa pada awalnya, alasan dirinya membuat program Peduli Pahlawan Kesehatan diawali dengan keresahan dari teman-teman sekitarnya. Selain itu juga tentang pemberitaan mengenai para dokter dan tenaga kesehatan di tengah pandemi covid-19 ini.

    “Kami dapat info mengenai bagaimana perjuangan mereka. Bagaimana kesulitan mereka, bahkan ketika memakai APD saja mereka untuk buang air kecil saja susah, makan pun susah, belum lagi ada banyaknya tenaga medis yang kekurangan APD itu,” ujar Sandrina.

    Dari hal tersebut, Sandrina yang memiliki kafe pun merasa tergerak. “Kami punya kafe, ada kompor, ada tenaga, kami pun melakukan dari hal yang termudah yaitu dengan memberikan makanan kepada para tenaga medis tersebut. Minimal untuk mengimbangi kelelahan mereka baik dari segi mental maupun fisik,” ujar Sandrina.

    Akhirnya dari keinginannya tersebut, Sandrina berinisiatif untuk memberikan makanan kepada hotel-hotel yang memang disediakan oleh pemprov DKI untuk menjadi tempat istirahat bagi para tenaga medis dan kesehatan tersebut. “Mereka menyambut senang sekali, lalu kami pun membentuk distriusi yang akan diberikan langsung ke hotel yang menjadi tempat istirahat para tenaga medis tersebut,” bebernya.

    Mengajak semua pihak untuk ikut membantu 

    Sampai saat ini, kegiatan yang dilakukan Sandrina tersebut masih terbatas untuk pemberian makanan di Grand Cempaka Business Hotel yang memang merupakan tempat yang ditunjuk oleh Pemprov DKI untuk menjadi tempat istirahat bagi para tenaga medis. Akan tetapi, Sandrina mengatakan bahwa mungkin ke depannya pembagian boks makanan untuk para tenaga medis bisa bertambah.

    Menurut Sandrina, bagi para calon donatur yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai program Peduli Pahlawan Kesehatan bisa mengecek akun Instagram resmi @peduli_pahlawan_kesehatan.

    Pada akun tersebut, sudah tercantum nomor rekening untuk pemberian donasi bagi para tenaga medis. Selain itu, akun Instagram @peduli_pahlawan_kesehatan juga selalu memberikan laporan mengenai tranparansi dana yang digunakan dalam kegiatan amal tersebut.

    “Mungkin ke depannya bisa juga diadakan ke rumah sakit, tergantung kami diminta ke mana saja. Kalau program ini bertambah besar mungkin bisa terlaksana. Kami mengajak semua pihak sangat bisa membantu. Sekecil apapun donasi yang diberikan, lama kelamaan bisa menjadi besar. Semakin banyak jumlah uang yang ada maka akan semakin banyak pula sumbangan yang diberikan,” tutur sandrina.

    Menurut Sandrina, mungkin semua orang memiliki keinginan untuk memberikan sumbangan yang berbeda-beda namun itu semua sangatlah berharga bagi mereka yang memang membutuhkan. “Ada banyak cara untuk membantu, sesederhana memberikan makan. Dan kami pun selalu berusaha untuk bisa membantu sekalipun kondisi harus ada di dalam rumah,” tutup Sandrina.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id