Durian Tidak Boleh Dimakan Bersama Makanan dan Minuman Ini

    Sunnaholomi Halakrispen - 09 Juli 2020 20:26 WIB
    Durian Tidak Boleh Dimakan Bersama Makanan dan Minuman Ini
    Sering mendengar durian tak boleh dimakan bersama dengan minuman tertentu? Apakah benar demikian? Berikut jawaban dokter. (Foto: Dok. Gliezl Bancal/Unsplash.com)
    Jakarta: Durian merupakan si raja buah. Aromanya yang semerbak dengan ciri khas, membuatnya digemari banyak orang. Namun, ada sejumlah makanan dan minuman yang harus dihindari untuk dikonsumsi bersamaan dengan durian.

    "Hindari konsumsi bersama alkohol karena dapat meningkatkan suhu tubuh, sehingga meningkatkan risiko dehidrasi," ujar dr. Jovita Amelia, M.Sc, Sp.Gk kepada Medcom.id.

    Sementara ada kabar juga yang beredar bahwa durian tidak boleh dimakan bersamaan dengan kopi, susu, soda, daging sapi, daging kambing, kepiting, dan manggis. Pakar Gizi itu pun menjelaskan kaitan mereka.

    "Kalau sama susu enggak ada hubungannya. Makan durian sama manggis dapat meningkatkan asupan kalori dan karbohidrat, jadi bahaya obesitas dan diabetes," jelasnya.

    Sedangkan, jika durian dikonsumsi bersama soda, kemungkinan paling besar ialah bisa membuat perut merasa kembung. Selain itu, berisiko gangguan pencernaan.

    Kemudian, juga berisiko naiknya berat badan, karena banyaknya kandungan karbohidrat dan glukosa yang cukup tinggi di dalam durian. Sementara itu, apabila mengonsumsi durian bersama kopi, tidak apa-apa. 

    "Mungkin karena efek hipertensi dari kopi, tapi tidak semua orang mengalami hipertensi dari kopi. Kalau sama daging tidak apa-apa mungkin bahaya buat yang gagal ginjal dan diabetes karena tinggi kalium," paparnya.




    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id