Cara Merawat Fatal Familial Insomnia

    Sunnaholomi Halakrispen - 15 September 2020 12:03 WIB
    Cara Merawat Fatal Familial Insomnia
    Tidak ada obat untuk Fatal Familial Insomnia (FFI). Beberapa perawatan dapat membantu mengelola gejala secara efektif. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Tidak ada obat untuk Fatal Familial Insomnia (FFI). Beberapa perawatan dapat membantu mengelola gejala secara efektif. Misalnya obat tidur, mungkin memberikan bantuan sementara bagi beberapa orang, tetapi tidak berhasil dalam jangka panjang.

    Namun, para peneliti secara aktif bekerja berupaya menuju pengobatan yang efektif dan tindakan pencegahan. Sebuah studi hewan menunjukkan bahwa imunoterapi dapat membantu, tetapi diperlukannya penelitian tambahan, termasuk penelitian pada manusia. 

    Dikutip dari Healthline, ada juga penelitian pada manusia yang sedang berlangsung yang melibatkan penggunaan doksisiklin, antibiotik. Para peneliti berpikir ini mungkin cara yang efektif untuk mencegah FFI pada orang yang membawa mutasi genetik yang menyebabkannya.

    Banyak orang dengan penyakit langka merasa terbantu untuk berhubungan dengan orang lain yang berada dalam situasi serupa. Baik secara online atau dalam kelompok dukungan lokal. 
    Yayasan Penyakit Creutzfeldt-Jakob adalah salah satu contohnya. Ini adalah lembaga nonprofit yang memberikan beberapa sumber daya tentang penyakit prion.

    Sementara itu, perlu waktu bertahun-tahun sebelum gejala FFI mulai muncul. Namun, begitu mereka mulai, cenderung memburuk dengan cepat selama satu atau dua tahun. 

    Meskipun ada penelitian yang sedang berlangsung tentang kemungkinan penyembuhan, tidak ada pengobatan yang diketahui untuk FFI. Walaupun, alat bantu tidur dapat memberikan bantuan sementara.

    Gejala FFI sendiri mencakup adanya ketidakmampuan untuk tidur, memburuknya fungsi kognitif dan mental, serta kehilangan koordinasi, atau ataksia. Kemudian, peningkatan tekanan darah dan detak jantung, keringat berlebih, kesulitan berbicara atau menelan, penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, maupun demam.



    (YDH)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id