12 Makanan yang Perlu Dihindari Atlet

    Sunnaholomi Halakrispen - 16 Juli 2020 11:07 WIB
    12 Makanan yang Perlu Dihindari Atlet
    Setiap atlet seharusnya menjalani pola hidup sehat. Bukan hanya menghabiskan hari dengan berolahraga atau latihan fisik, tetapi pola makan juga harus menjadi perhatian. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Setiap atlet seharusnya menjalani pola hidup sehat. Bukan hanya menghabiskan hari dengan berolahraga atau latihan fisik, tetapi pola makan juga harus menjadi perhatian. Sebab, tidak semua makanan bisa dikonsumsi atlet.

    Pola makan sehat penuh gizi mungkin ada di bayangan Anda. Tetapi, yang perlu ditekankan ialah adanya sejumlah makanan yang perlu dihindari atlet. Berikut ini 12 di antaranya:

    1. Soda

    Soda menjadi salah satu minuman yang harus dihindari oleh para atlet. Sebab, kandungan di dalam soda terdapat pemanis buatan. Pemanis buatan ini lah yang dianggap sebagai ancaman bagi kesehatan dan berat badan para atlet.

    Pemanis buatan biasanya akan memengaruhi tubuh dalam memproduksi insulin atau hormon penyimpanan lemak. Maka dari itu, kondisi tubuh para atlet tidak akan ideal karena peningkatan insulin yang terjadi.

    2. Roti tawar

    Roti tawar juga sebaiknya dihindari, karena berbahan dasar tepung putih halus. Tepung ini berasal dari pengupasan serat gandum. Lantaran demikian, saat dikonsumsi, roti tawar akan meningkatkan kadar insulin yang selanjutnya berkontribusi terhadap penurunan energi dan penambahan berat badan.

    3. Popcorn

    Popcorn merupakan salah satu camilan yang layak dinikmati sambil menonton film. Sayangnya, camilan dengan rasa manis dan gurih ini perlu dihindari para atlet, karena berbahan dasar jagung.

    Bahan jagung tersebut mengandung lemak tidak sehat, kadar sodium yang tidak rata, dan dalam beberapa kasus juga dicampur dengan bahan kimia. 

    Lantaran demikian,  bisa menjadi penghambat untuk mencapai berat badan idieal bagi para atlet. Selain itu, popcorn pun dinilai dapat menahan proses pemulihan pasca latihan.

    4. Sup kaleng

    Sup kaleng praktis disantap dan nikmat disajikan kapan pun. Akan tetapi, makanan ini perlu dihindari para atlet, karena mengandung sodium yang tinggi. Makanan ini pun berisiko memberikan dampak buruk terhadap kesehatan atlet.

    5. Kue beras

    Kue beras menjadi nominasi selanjutnya terkait makanan yang perlu dihindari. Sebab, meskipun memiliki rasa yang nikmat, tetapi kue beras rendah kalori. Bahkan, dapat berpengaruh terhadap lonjakan kadar gula darah. 

    6.Sereal manis

    Sereal manis biasanya terbuat dari gula buatan atau maupun tidak. Bagaimana pun proses pembuatannya, mengonsumsi sereal manis sangat tidak baik bagi tubuh. Sebab, bisa memengaruhi insulin yang nantinya berisiko membuat tubuh menyimpan lemak berlebih.

    7. Granola

    Makanan ini tidak selalu merupakan produk yang terbuat dari bahan alami menyehatkan seperti gandung. Sebab, sebagian besar versi serealia mengandung jumlah gula tinggi, lemak yang tidak diperlukan tubuh, dan kalori berlebih. Semangkuk gandum dengan selai mentega kacang merupakan alternatif yang jauh lebih baik daripada granola.

    8. Alkohol

    Makanan atau minuman beralkohol bisa menghambat kebugaran fisik. Bahkan, ketika terlalu banyak minuman keras, berisiko memperlambat pemulihan otot, mengganggu kemampuan motorik, serta menurunkan kekuatan dan kinerja sprint.

    Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di ACSM's Health & Fitness Journal, ditemukan bahwa alkohol menekan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, juga dapat meningkatkan risiko penyakit serta cedera.

    9. Makan tanpa protein

    Hal yang perlu ditekankan ialah atlet membutuhkan proteinnya. Sebab, protein penting untuk memperbaiki dan menguatkan jaringan otot.
    Protein juga dianggap mampu membantu menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan rasa kenyang. Oleh karena itu, seorang atlet sangat disarankan untuk bisa mengonsumsi protein secara seimbang. 

    10. Minuman olahraga

    Atlet tidak disarankan mengonsumsi minuman olahraga. Kecuali, jika atlet itu sedang menjalankan program latihan yang berat dan ketat. Minuman olahraga tidak dianjurkan, karena mengandung gula hingga 34 gram, yang berdampak pada bobot ideal atlet.

    Berdasarkan sebuah peneltian yang dipublikasikan di Jurnal Obesity, orang yang mengonsumsi satu atau lebih minuman olahraga setiap hari memperoleh bobot lebih dari rentang tiga tahun. Hal itu dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsinya.

    11. Nutrition bar

    Meskipun nutrition bar mampu menguatkan otot, tetapi jenis cemilan ini tidak dianjurkan untuk para atlet. Sebab, memerhatikan kandungan gula dan lemaknya.
    Nutrisi dan snack bar cenderung menjadi bom gula dengan tambahan lain di dalamnya. Misalnya, ada kacang, buah kering, dan coklat.

    12. Flavored Yogurt

    satu cup flavored yogurt memang terlihat menggoda. Namun, dibalik rayuan kelezatanya tersebut, flavore yogurt mengandung gula yang cukup tinggi dan membuat tubuh menjadi mudah gemuk.

    Bagi anda pecinta yougurt, anda bisa memilih yogurt Yunani karena jauh lebih baik untuk menjaga kebugaran dan kesehatan. Sebab, yogurt tersebut dikemas dengan protein dan kadar gula yang rendah.



    (YDH)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id