Enam Gaya Hidup Sehat yang Harus Dijalani Pasien Diabetes

    Gervin Nathaniel Purba - 04 Juli 2019 07:01 WIB
    Enam Gaya Hidup Sehat yang Harus Dijalani Pasien Diabetes
    Gaya hidup aktif membantu pasien mengendalikan diabetes dengan menurunkan gula darah (Foto:Shutterstock)
    Jakarta: Penyakit diabetes timbul karena faktor keturunan, resistensi insulin, dan gaya hidup tidak sehat. Jika seseorang telah mengidap diabetes, mau tak mau ia harus mengubah gaya hidup.

    Perubahan gaya hidup perlu untuk mengontrol lipid, glikemik, tekanan darah, dan menurunkan berat badan.

    Perubahan gaya hidup yang seperti apa?

    1. Rutin Olahraga

    Dikutip Webmd, gaya hidup aktif membantu pasien mengendalikan diabetes dengan menurunkan gula darah. Dengan rutin olahraga akan menurunkan peluang terkena penyakit jantung dan mengurangi stres.

    Beberapa jenis olahraga yang dianjurkan ialah berjalan kaki, berenang, sepeda elektrik, yoga, tai chi, dan latihan beban.

    2. Berhenti Merokok

    Penderita diabetes yang masih aktif merokok berpeluang besar terkena penyakit jantung, mata, ginjal, penyakit pembuluh darah, kerusakan saraf, dan masalah kaki. 

    3. Kurangi Alkohol

    Lebih mudah untuk mengontrol gula darah jika tidak banyak minum bir, wine, dan minuman beralkohol lain. The American Diabetes Association menyebutkan wanita minum alkohol tidak boleh lebih dari satu gelas sehari dan pria tidak lebih dari dua gelas. 

    Mengapa? Sebab, alkohol dapat membuat gula darah menjadi terlalu tinggi atau terlalu rendah. Kondisi ini tentu berbahaya bagi penderita diabetes.

    4. Rajin Kontrol

    Rajin kontrol dan sering berkonsultasi dengan dokter menjadi kegiatan baru bagi penderita diabetes. Diabetes meningkatkan peluang terkena penyakit jantung, sehingga kontrol yang terjadwal menjadi hal wajib.

    5. Makanan Sehat

    Apa yang Anda makan akan memengaruhi kadar gula darah. Batasi makanan tinggi gula dan lemak. Karbohidrat berubah menjadi gula, untuk itu perhatikan asupan karbohidrat. Jangan berlebihan.

    Meskipun banyak makanan yang dibatasi, Anda tetap harus memastikan asupan nutrisi terpenuhi setiap hari. Perbanyak makan sayur, buah-buahan, biji-bijian, dan daging tanpa lemak.

    Guna membantu mencukupi kebutuhan nutrisi harian, penyandang diabetes sebaiknya minum Diabetasol. Diabetasol merupakan asupan nutrisi pengganti makanan yang lengkap dan seimbang. 

    Keunggulan Diabetasol yaitu nilai gizinya lengkap dan seimbang sehingga bisa digunakan sebagai pengganti makan, Vitadigest yang merupakan kombinasi karbohidrat lepas lambat sehingga kenaikan gula darah setelah makan tidak meningkat drastis, serta Indeks Glikemik rendah (31) sehingga dapat diserap perlahan oleh tubuh.

    Diabetasol dapat diminum setiap hari, yaitu dua kali per hari pada pagi dan malam sebelum tidur (per 60 gr/saji mengandung kalori 260 kkal). Diabetasol tersedia dalam pilihan rasa yang enak, cokelat, vanila, dan capucino.



    (ROS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id