Makanan yang Sebaiknya Dihindari Penderita Diabetes

    Sunnaholomi Halakrispen - 11 Januari 2020 15:08 WIB
    Makanan yang Sebaiknya Dihindari Penderita Diabetes
    Penderita diabetes disarankan menghindarisandwich tuna. Sebab, hitungannya ada sebanyak 1.050 kalori, 183 gram karbohidrat. (Ilustrasi?pexels)
    Jakarta: Tidak ada makanan terlarang untuk penderita diabetes. Tapi, tidak boleh sembarangan juga memakan apapun yang ada di hadapan mereka. Bahkan, ada sejumlah makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes.

    Hal ini untuk menjaga agar tidak terjadi hal buruk setelah makan. Salah satunya, siang yang akan membuat Anda cepat kehilangan karbohidrat dan kalori. 

    Seperti dilansir dari WebMD, para ahli menyarankan bahwa makanan untuk penderita diabetes harus memiliki 45-75 gram karbohidrat, tergantung pada tujuan individu. Makanan ini mengemas karbohidrat yang cukup untuk empat hingga lima kali makan.

    Kemudian, hindari juga makan sandwich tuna. Sebab, hitungannya ada sebanyak 1.050 kalori, 183 gram karbohidrat.

    Makan siang sama pentingnya dengan makanan lain saat Anda menderita diabetes, jadi jangan ambil sandwich lagi. Salad tuna siap makan biasanya dipenuhi dengan mayones. 

    Lalu, keripik dan minuman manis yang besar mendorong karbohidrat total menjadi 183 gram, terlalu banyak. Makanan lain yang sebaiknya dihindari ialah fried chicken atau ayam goreng tepung.

    Hitungannya, ada sebanyak 1.030 kalori, 96 gram karbohidrat. Maka, lewatkan saja menu makan ayam goreng dan kentang tumbuk yang dikemas menjadi satu pake menu di restoran ayam cepat saji. 

    Bahkan jika Anda memesan dada ayam daging putih tanpa bumbu tepung, makanan ini sangat banyak mengandung karbohidrat dan lemak. Menu ini juga memiliki dua kali lipat lebih banyak natrium yang harus Anda dapatkan dalam sehari jika Anda menderita diabetes.

    Menu selanjutnya, hamburger karena hitungannya mengandung 2.700 kalori, 309 gram karbohidrat. Cheeseburger bacon, kentang goreng, dan minuman soda memiliki lebih dari satu hari karbohidrat yang seharusnya Anda konsumsi.

    Makanan tersebut mengandung sebanyak 2.700 kalori dan 44 gram lemak jenuh. Ketika telah membelinya dengan harga yang murah dan ukuran makanan yang memuaskan, akan sulit untuk makan dengan porsi kecil.  

    Menu selanjutnya yang sebaiknya dihindari adalah ikan goreng. Hitungannya, terdapat 910 kalori, 92 gram karbohidrat.

    Meskipun ikan merupakan bagian dari diet jantung sehat, namun tidak berlaku jika ikan digoreng. Pembiakan, minyak, dan kalori ekstra membatalkan manfaat kesehatan dari ikan itu sendiri. Waspadalah terhadap sisi goreng, juga ikan yang diolesi saus mayones manis.



    (YDH)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id