Kenali Manfaat Mineral yang Penting untuk Tubuh

    Torie Natalova - 02 November 2019 18:09 WIB
    Kenali Manfaat Mineral yang Penting untuk Tubuh
    Mineral utama dibutuhkan tubuh lebih dari 100 mg sehari--Ilustrasi--pexels
    Jakarta: Memperhatikan asupan nutrisi yang didapat dari makanan atau minuman memang sangat penting. Jangan lupakan manfaat vitamin dan mineral yang sangat baik untuk pemeliharaan kesehatan dan mencegah datangnya penyakit.

    Tetapi, banyak yang tidak memperhatikan asupan vitamin dan mineral atau justru lebih sering konsumsi kalori kosong. Mineral dapat diklasifikasikan sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan tubuh Anda.

    Dilansir dari netdoctor, mineral utama dibutuhkan tubuh lebih dari 100 mg sehari. Mineral tersebut di antaranya adalah kalsium, magnesium, fosfor, kalium, sodium, khlorida. 

    Mineral minor dibutuhkan tubuh kurang dari 100 mg sehari, ini seperti chromium, tembaga, yodium, besi, fluor, mangan, selenum, dan seng. Mineral minor ini tidak kalah penting dari mineral utama.

    Sejumlah mineral seperti kromium, tembaga, yodium, mangan dan fosfor ditemukan dalam berbagai jenis makanan. Sodium (garam) adalah satu-satunya mineral yang harus dibatasi mengonsumsinya. 

    Kalsium merupakan mineral yang sangat penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi yang kuat. Tingkat kalsium tinggi ditemukan dalam produk susu termasuk yogurt, almond, brokoli, bayam, selada air, tiram, salmon, biji wijen, tahu, keju, dan sarden.

    Tubuh membutuhkan mineral zat besi untuk memproduksi sel darah merah tubuh dan sistem kekebalan tubuh. Kekurangan zat besi menyebabkan anemia dan gejala seperti kelelahan dan mudah emosi. Perlu diketahui bahwa tubuh dapat menyerap 20 hingga 40 persen zat besi yang ditemukan dalam daging, dan 5 hingga 20 persen zat besi yang ditemukan dalam sumber nabati.

    Berapa banyak zat besi yang dapat diserap tubuh juga tergantung pada keberadaan vitamin C dan asam folat, yang meningkatkan penyerapan mineral ini oleh tubuh Anda. Magnesium membantu tubuh mengatur kadar kalium dan natrium dalam tubuh juga mengendalikan tekanan darah.

    Mineral ini juga digunakan dalam pelepasan energi, membangun gigi, tulang dan otot yang kuat hingga mengatur suhu tubuh. Magnesium juga membantu tubuh menyerap dan memecah berbagai vitamin dan mineral lainnya seperti kalsium dan vitamin C.

    Selenium merupakan mineral yang dibutuhkan tuuh dalam jumlah kecil untuk hati yang sehat. Selenium juga salah satu antioksidan tubuh yang ditemukan dalam makanan seperti kacang Brazil, mete, keju, telur, susu, daging tanpa lemak, ayam, hati, bawang putih dan merah, sayuran hijau, ikan tenggiri, salmon, roti gandum, biji bunga matahari, dan ikan tuna.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id