Benarkah Teh Kombucha Baik untuk Kesehatan?

    Torie Natalova - 23 Juni 2018 12:20 WIB
    Benarkah Teh Kombucha Baik untuk Kesehatan?
    Benarkah Teh Kombucha Baik untuk Kesehatan? (Foto: gettyimages)
    Jakarta: Kombucha, merupakan sebuah minuman yang mengandung bakteri baik dan tengah menjadi tren kesehatan terbaru saat ini. Meski baru dikenal masa kini, kombucha sebenarnya berasal dari ribuan tahun lalu di China.

    Kombucha adalah sejenis teh yang biasanya dibuat dengan teh hitam atau hijau. Setelah daun teh ditambahkan ke dalam panci berisi air mendidih dan dibiarkan dingin, daun teh dihilangkan dan ditambahkan beberapa gula. Setelah teh didinginkan, Anda menambahkan 'teh starter' seperti kombucha yang difermentasi sebelumnya dan sejenis bakteri dan juga ragi, hingga terfermentasi.

    Mengapa kombucha disebut minuman yang sehat? Ini karena ramuan mikroorganisme (bakteri, ragi dan antioksidan) yang diyakini dapat meningkatkan kekebalan tubuh, melawan kanker dan meredakan peradangan. Selain itu, minuman ini mengandung teh yang telah dipercaya baik untuk kesehatan.

    Probiotik dalam kombucha baik untuk bakteri usus halus seperti yang terdapat dalam minuman probiotik lain, yang mungkin dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan kita. Karena usus adalah pusat dari kesehatan tubuh, maka banyak orang yang inginkan asupan untuk memperkuat bakteri baik dalam usus.

    Namun, perlu diingat untuk sebaiknya tidak membuat kombucha sendiri. Karena, ada kemungkinkan bahwa minuman itu dapat menyimpan beberapa bakteri jahat, menurut ahli diet Tara Gidus. Ia juga mengatakan ada beberapa orang yang sakit parah setelah minum kombucha buatannya sendiri.

    Jika ingin mengonsumsinya, pilih yang telah dijual di toko dan dipercaya. Selain itu, hindari untuk meminumnya setiap hari karena kombucha yang dijual di pasaran kemungkinan mengandung gula.

     



    (ELG)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id