Agar Tidur Tetap Nyenyak Ketika Cuaca Panas

    Dhaifurrakhman Abas - 10 Juni 2019 17:37 WIB
    Agar Tidur Tetap Nyenyak Ketika Cuaca Panas
    Para pakar menyarankan untuk mengatur suhu kamar tidur yang tepat agar Anda mudah tertidur lelap. (Foto: Pexels.com)
    Menurut Ralph Downey III, PhD, Sleep Disorder Specialist dari Loma Linda University ini bilang mendinginkan titik-titik nadi seperti pergelangan tangan dan leher dapat membantu menurunkan suhu tubuh Anda. Ini efektif karena titik nadi terletak dekat ke permukaan kulit. Letakkan kain sedikit basah di leher dan pergelangan tangan Anda untuk mendapatkan efek pendinginan. Ini bisa jadi tips ampuh jika mati lampu dan cuaca panas dan AC mati.


    Jakarta: Suhu ruangan yang sejuk bikin seseorang mudah tertidur lelap. Hal ini lantaran otak tak perlu bekerja keras merangsang tubuh agar mendapatkan suhu badan ideal.

    Walhasil pola tidur berkualitas lebih mudah didapatkan tanpa gangguan. Itu sebabnya para pakar menyarankan untuk mengatur suhu kamar tidur yang tepat.

    Sebaliknya, menurut Ralph Downey III, PhD, suhu ruangan yang panas membuat tidur terganggu. Sleep Disorder Specialist dari Loma Linda University ini bilang, tidur terganggu lantaran tubuh yang gelisah mengatur suhu badan agar tetap normal.

    "Sehingga Anda merasa pengap dan terbangun," katanya, dikutip Reader's Digest.

    Kondisi pengap kerap ketika memasuki musim panas mungkin bisa diatasi menggunakan kipas angin maupun AC. Namun kalau pemadaman listrik secara tiba-tiba, mau tidak mau Anda harus mengarungi hari semalaman tidur dalam cuaca panas.

    Tapi di bawah ini terdapat beberapa trik yang sangat ampuh untuk mengatasi hal itu. Anda bisa menerapkan cara bertahan dari panas terik di malam hari dan tidur nyenyak, meskipun tanpa menggunakan AC.

    Agar Tidur Tetap Nyenyak Ketika Cuaca Panas
    (Jika cuaca panas Anda bisa meletakkan kain sedikit basah di leher dan pergelangan tangan Anda untuk mendapatkan efek pendinginan. Ini bisa jadi tips ampuh jika mati lampu dan cuaca panas dan AC mati. Foto: Pexels.com)

    1. Jaga suhu kamar tetap dingin

    Anda bisa mengatur suhu ruangan tetap dingin sengan memersiapkan kamar Anda sebelum malam tiba. Dengan cara menutup jendela dan pintu sepanjang hari agar ruangan tidak memanas.

    2. Membasuk titik nadi

    Mendinginkan titik-titik nadi seperti pergelangan tangan dan leher dapat membantu menurunkan suhu tubuh Anda. Letakkan kain sedikit basah di leher dan pergelangan tangan Anda untuk mendapatkan efek pendinginan.

    Ini efektif karena titik nadi terletak dekat ke permukaan kulit. Selain mendinginkan pergelangan tangan dan leher Anda bisa mengatur suhu tubuh tetap dingin dengan merendam kaki dalam ember berisi air segar.

    3. Mandi air hangat

    Mandi air hangat meeupakan salah satu cara terbaik untuk memberikan efek sejuk ketika Anda tidur dalam suhu yang panas. Dengan mandi air hangat, tubuh Anda menjadi lebih mahir menyesuaikan suhu badan.

    Sesuai penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Strength and Conditioning Research (2018), pelari yang mandi air hangat dapat menyesuaikan diri mengatur suhu badan ideal. Bahkan trik ini sering dipakai ketika mereka diharuskan bertanding di tengah cuaca yang panas.

    4. Atur konsumsi makanan

    Cobalah untuk menjauh dari makanan yang berminyak dan berat sebelum tidur selama musim panas. Sebab hal itu justru membuat Anda merasa kepanasan ketika hendak tidur.

    Makanan berminyak memaksa sistem pencernaan Anda harus bekerja lebih keras untuk membakar kalori. Alhasil proses ini membuat tubuh menghasilkan lebih banyak panas yang berujung pada kondisi gerah.

    Anda juga disarankan mengendalikan asupan alkohol saat musim panas tiba. Lantaran minuman keras ini dapat mengganggu kualitas tidur.

    5. Tepat nemilih pakaian

    Kenakan pakaian yang ringan dan longgar di malam hari untuk tidur yang lebih baik dan sehat. Pilih bahan alami pakaian dari katun karena dapat menyerap keringat dengan lebih mudah.


    6. Matikan perkakas

    Peralatan yang ada di rumah Anda juga menghasilkan panas yang memengaruhi suhu sekitar. Jika tidak digunakan, cabut steker peralatan Anda di malam hari. Dengan cara ini Anda tidak hanya akan menghemat energi tetapi kamar Anda akan tetap dingin.





    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id