Minum Jus Ini Biar Cepat Tidur

    Kumara Anggita - 05 September 2019 07:03 WIB
    Minum Jus Ini Biar Cepat Tidur
    Ilustrasi--Pexels
    Buah ceri ternyata memiliki kandungan yang tak hanya bikin Anda cepat tidur, namun juga mendapatkan tidur yang nyenyak. Para peneliti dari  American Journal of Therapeutics melaporkan bahwa minum jus ceri dapat meningkatkan waktu tidur dan efisiensi tidur.


    Jakarta:
    Bila Anda susah untuk tidur, biasanya dianjurkan untuk minum susu. Namun bila cara ini tak kunjung mempan juga, maka coba lah untuk menggantinya dengan jus buah.

    Mungkin, Anda khawatir karena jus bisa bikin Anda semakin terjaga. Tenang saja karena buah yang satu ini punya suatu kandungan yang tak hanya bikin Anda cepat tidur, namun juga mendapatkan tidur yang nyenyak.

    Berikut penjelasannya yang dilansir dari The Healthy.

    Jus yang harus Anda coba adalah jus ceri, terutama jus ceri asam. Setelah melakukan percobaan menggunakan kuesioner, para peneliti dari  American Journal of Therapeutics melaporkan bahwa minum jus ceri dapat meningkatkan waktu tidur dan efisiensi tidur.

    Eksperimen terdiri dari orang-orang berusia 50 tahun ke atas yang disortir secara acak. Mereka minum jus ceri atau plasebo dua kali sehari selama dua minggu.

    Delapan dari subyek yang minum jus ceri dan juga penderita insomnia akhirnya mengalami tidur yang lebih baik secara keseluruhan. Bahkan, mereka tidur selama 84 menit lebih lama dari biasanya dan efisiensi tidur mereka meningkat di Pittsburgh Sleep Quality Index.

    Menurut penelitian lain, bahkan ada lebih banyak alasan untuk percaya bahwa jus ceri  mungkin menjadi jawaban untuk semua dilema tidur Anda. Ceri mengandung phytochemical yang berguna untuk mengontrol siklus tidur Anda.

    “Ceri Tart Montmorency telah dilaporkan mengandung phytochemical tingkat tinggi termasuk melatonin, molekul penting dalam mengatur siklus tidur-bangun pada manusia,” lapor studi tersebut.

    "Data ini menunjukkan bahwa konsumsi konsentrat jus ceri memberikan peningkatan melatonin eksogen yang bermanfaat dalam meningkatkan durasi dan kualitas tidur pada pria dan perempuan yang sehat dan mungkin bermanfaat dalam mengelola gangguan tidur," lanjutnya.

    Bila, Anda alergi atau tidak suka dengan buah ini, Anda bisa menggantinya dengan makanan lain seperti kacang kenari atau almond.

    Kacang kenari mengandung triptofan dan asam amino yang membantu membuat  hormon serotonin dan melatonin. Serupa dengan jus ceri, dia bisa mengatur siklus tidur-bangun Anda. Selain itu, peneliti University of Texas menemukan bahwa kenari mengandung sumber melatonin mereka sendiri sehingga Anda tidur jadi lebih cepat.

    Sementara, almond juga kaya akan magnesium dan mineral yang dibutuhkan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Orang dewasa yang mengonsumsi suplemen magnesium sebelum tidur melaporkan bahwa ia dapat tertidur lebih cepat, mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik di malam hari, dan mampu bangun tepat waktu dengan lebih mudah, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Research in Medical Sciences.

    Kendati demikian, Anda sekarang bisa berhenti minum pili itu dan menggantinya dengan almond yang enak. Cobalah hal-hal ini mulai hari ini, nantikan tidur yang enak setelahnya.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id