Apa yang Harus Dilakukan Ketika Mengalami Cedera saat Berolahraga?

    Raka Lestari - 25 September 2020 14:05 WIB
    Apa yang Harus Dilakukan Ketika Mengalami Cedera saat Berolahraga?
    Untuk mencegah terjadinya cedera saat berolahraga, pemanasan merupakan hal yang penting. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Cedera saat berolahraga merupakan salah satu hal yang cukup umum. Dan untuk mencegah terjadinya cedera saat berolahraga, pemanasan merupakan hal yang penting. Dengan melakukan pemanasan, maka tubuh akan lebih siap saat berolahraga.

    “Cedera biasanya terjadi karena overuse injury, yaitu gerakan berulang yang terlalu banyak dan terlalu cepat. Atau bisa juga karena traumatic injury, yaitu benturan atau gerak yang melebihi kemampuan,” jelas dr. Andi Nusawarta, M.Kes, Sp.OT (K) Sport, Dokter Spesialis Bedah Tulang dan Sendi Konsultan Cedera Olahraga dan Arthroskopi.

    Menurut dr. Andi, ketika mengalami cedera sebaiknya langsung cepat ditangani. “Pertama adalah Proteksi, yaitu pindahkan lokasi dari tempat yang tidak aman ke tempat aman. Misalnya jika mengalami cedera di jalanan, segera cari tempat yang aman,” ujar dr. Andi, dalam Webinar Cegah Cedera Olahraga Akibat Bersepeda & Lari, Kamis, 24 September 2020.

    “Kemudian ada rest, yaitu istirahatkan. Misalnya saja ketika mengalami cedera di lutut, segera kasih bidai supaya lutut tidak goyang-goyang. Dengan mengistirahatkan, cedera tidak akan bertambah karena tidak bergerak-gerak lagi. Sehingga lutut yang tadi cedera itu tidak bertambah nyeri,” ujar dr. Andi.

    Selanjutnya adalah Ice, yaitu dengan memberikan es pada bagian yang mengalami cedera tersebut. “Es ini berguna untuk mengompres bagian yang cedera. Letakkan es pada bagian tubuh yang mengalami cedera selama 15 menit, sebanyak 5 kali sehari itu bisa sangat membantu,” kata dr. Andi.

    “Kemudian adalah Compresion atau kompresi. Dengan kompresi, akan menekan bengkak yang terjadi karena cedera itu tadi. Kalau cedera, jangan diikat karena itu bisa berbahaya. Sebaiknya berikan perban yang elastit,” saran dr. Andi.

    Selanjutnya menurut dr. Andi adalah Elevation atau elevasi. “Elevasi maksudnya adalah ditinggikan. Kalau yang cedera adalah bagian lutut atau kaki, maka tinggikan lutut atau kaki agar aliran darah menjadi lancar. Dengan begitu, bisa mengurangi cedera karena aliran darah yang baik bisa mengurangi bengkak dan cedera,” ujar dr. Andi.

    Menurut dr. Andi, ketika mengalami cedera sebaiknya tidak dipijat atau memberikan balsam. “Itu tidak pas karena panas dari balsam bisa menambah cedera,” tutup dr. Andi.



    (YDH)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id