Studi: Penganut Vegan Memiliki Ketahanan Lebih Tinggi saat Berolahraga

    Raka Lestari - 23 Mei 2020 06:00 WIB
    Studi: Penganut Vegan Memiliki Ketahanan Lebih Tinggi saat Berolahraga
    Ilustrasi-Pexels
    Jakarta: Ada kabar baik bagi mereka yang menganut diet vegan. Studi yang dipublikasikan European Journal of Clinical Nutrition, menyatakan penganut vegan ternyata memiliki ketahanan yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang omnivora.

    Para peneliti dari University of Quebec, Montreal, melakukan penelitian kepada 56 peserta wanita yang sehat dan aktif secara fisik. Setengah dari peserta penelitian menganut diet vegan dan setengah lainnya menganut pola makan omnivora (setidaknya mengonsumsi daging tiga kali seminggu) selama dua tahun.

    Para peneliti melakukan penilaian kepada peserta menggunakan alat yang ditempel pada kaki dan dada. Para peneliti juga menghitung tingkat kekuatan peserta dengan menanyakan keletihan mereka ketika menggunakan sepeda statis. Hal ini digunakan untuk mengukur konsumsi oksigen maksimal (V02 max) yang menjadi indikator umum dalam latihan aerobik.

    Hasilnya menunjukkan bahwa adanya perbedaan antara penganut diet vegan dan omivora. Perbedaan terbesar adalah bahwa kelompok vegan memiliki daya tahan yang lebih baik daripada kelompok omnivora, dengan VO2 max yang jauh lebih baik.

    Kelompok peserta yang menganut diet omnivora cenderung mengonsumsi lebih banyak lemak dan protein. Sedangkan kelompok peserta yang menganut diet vegan mengonsumsi lebih banyak karbohidrat.

    Dan para peneliti studi ini, berasumsi bahwa diet karbohidrat yang lebih tinggi kemungkinan dapat bermanfaat dalam tingkat ketahanan seseorang dengan cara memproduksi lebih banyak glikogen, bentuk karbohidrat yang baik untuk pembentukan otot.

    Perbedaan di antara kelompok diet vegan dan omnivora juga bisa di antaranya adalah tingkat stres oksidatif dan peradangan, yang cenderung lebih rendah pada kelompok yang menganut diet vegan dibandingkan kelompok yang mengonsumsi produk hewani.

    Kelompok vegan juga cenderung memiliki kekuatan tubuh bagian atas yang sedikit lebih baik dibandingkan dengan kelompok yang mengonsumsi produk hewani.

    Meskipun begitu, penelitian ini masih terdapat beberapa kekurangan. Di antaranya adalah penelitian ini hanya dilakukan pada wanita muda yang masih sehat dan aktif, masih belum diketahui efek diet vegan pada kelmpok lain. Sehingga masih diperlukan lebih banyak penelitian.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id