6 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

    Raka Lestari - 10 September 2020 15:03 WIB
    6 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
    Jeruk nipis merupakan salah satu sumber yang baik dari vitamin C, antioksidan, dan beberapa nutrisi lainnya. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Jeruk nipis merupakan salah satu sumber yang baik dari vitamin C, antioksidan, dan beberapa nutrisi lainnya. Air jeruk nipis merupakan bagian yang paling sering dimanfaatkan karena memiliki manfaat yang beragam untuk kesehatan.

    Dilansir dari Healthline, berikut ini adalah berbagai manfaat jeruk nipis untuk kesehatan:

    Sumber antioksidan yang baik

    Anitoksidan merupakan senyawa yang membantu sel-sel tubuh melawan radikal bebas. Dalam jumlah yang tinggi, radikal bebas bisa merusak sel-sel tubuh dan kerusakan ini dikaitkan dengan berbagai kondisi kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan berbagai jenis kanker.

    Meningkatkan imunitas tubuh

    Jeruk nipis sangat tinggi akan vitamin C yang dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh. Dalam beberapa studi, vitamin C ditemukan dapat membantu meningkatkan produksi sel darah putih yang dapat membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit.

    Mendukung kesehatan kulit

    Kandungan vitamin C pada jeruk nipis sangat membantu dalam pembuatan kolagen. Kolagen merupakan protein yang dapat memuat kulit tetap padat dan kuat. Selain itu, kandungan antioksidan dalam jeruk nipis juga dapat membantu perubahan kulit yang terkait dengan penuaan.

    Mengurangi risiko penyakit jantung

    Vitamin C yang terdapat dalam jeruk nipis, dapat membantu menurunkan tekanan darah yang merupakan faktor utama dalam penyakit jantung. Selain itu, vitamin C juga dapat melindungi tubuh dari atherosclerosis, penyakit yang disebabkan karena adanya penumpukan plak pada arteri.

    Mencegah batu ginjal

    Batu ginjal merupakan kristal mineral kecil yang terkadang membuat nyeri ketika dikeluarkan. Rasa asam pada jeruk nipis terjadi karena kandungan asam sitrat yang tinggi. Asam sitrat ini dapat mencegah batu ginjal dengan menaikkan sitrat dan menekan pembentukan batu ginjal pada urin.

    Mengurangi risiko terkena kanker tertentu 

    Kanker merupakan penyakit yang disebabkan karena pertumbuhan sel abnormal. Jeruk nipis memiliki senyawa yang dikaitkan dengan penurunan risiko kanker tertentu. Kandungan flavonoid, yang berfungsi sebagai antioksidan dalam jeruk nipis dapat menghentikan ekspresi gen yang mendorong perkembangan kanker.



    (YDH)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id