Manfaat Berolahraga Menggunakan Treadmill dalam Menurunkan Berat Badan

    Raka Lestari - 11 September 2020 18:06 WIB
    Manfaat Berolahraga Menggunakan Treadmill dalam Menurunkan Berat Badan
    Menurut Wratislaw, waktu 20 menit sesi HIIT(High Intensity Interval Training) cukup untuk membakar kalori yang cukup banyak.
    Jakarta: Treadmill merupakan salah satu alat untuk berolahraga yang cukup menjadi favorit bagi banyak orang. Tanpa harus keluar rumah, Anda bisa mendapatkan manfaat yang sama seperti berlari di luar rumah. Salah satu manfaat berolahraga menggunakan treadmill adalah menurunkan berat badan.

    “Treadmill bisa menjadi alat yang sangat efektif untuk mendapatkan manfaat aerobik, membakar kalori, dan mengembangkan tingkat kebugaran Anda,” kata kata Lee Wratislaw, seorang personal trainer terlatih, seperti dilansir thelist.

    Akan tetapi, bukan berarti treadmill saja bisa menurunkan berat badan. Durasi dan intensitas pun sangat berpengaruh. Menurut Wratislaw, waktu 20 menit sesi HIIT(High Intensity Interval Training) cukup untuk membakar kalori yang cukup banyak. 

    Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, Anda harus memilih teknik yang tepat. “Teknik ini disebut dengan steady state cardio, dan untuk membakar kalori yang cukup, Anda harus berlari setidaknya 30 menit atau berjalan selama 40 menit,” kata Wratislaw. 

    Berapa banyak kalori yang akan Anda bakar tergantung pada ukuran dan kecepatan Anda. Lari joging selama 30 menit dengan kecepatan lima mil per jam membakar 240 kalori untuk orang seberat 125 pon, dan seseorang dengan berat 185 pon akan membakar 355 kalori dari latihan yang sama

    Akan tetapi, latihan treadmill setiap hari juga sebaiknya tidak dilakukan. Ada risiko untuk mengalami cedera dari latihan treadmill, terutama jika Anda melakukannya setiap hari. Ketegangan otot sangat umum terjadi, terutama jika Anda berlari secara berlebihan. 

    John Higgins, profesor kedokteran di Pusat Ilmu Kesehatan Universitas Texas di Houston juga mengatakan bahwa Anda mungkin juga mengalami nyeri leher, bahu, atau punggung jika Anda membungkukkan bahu saat berjalan atau berlari di atas treadmill.

    "Kebanyakan orang tidak memiliki koordinasi untuk melakukan itu tanpa risiko cedera," kata Jason Karp, seorang ahli fisiologi olahraga.



    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id