Penyebab Cegukan dan Cara Mengatasinya

    Raka Lestari - 20 Juni 2020 16:55 WIB
    Penyebab Cegukan dan Cara Mengatasinya
    Meminum Air dinging diyakini damat menghentikan cegukan (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Cegukan merupakan suatu hal yang normal dan bisa terjadi kapan saja. Pada umumnya, cegukan tidak berbahaya namun memang sedikit mengganggu. Pada kasus yang sangat jarang, cegukan juga bisa menjadi salah satu gejala kondisi medis seperti diabetes atau penyakit ginjal.

    Ehsan Ali, MD, seorang dokter di Beverly Hills Concierge Doctor memberikan rekomendasi untuk menghentikan cegukan, seperti dilansir insider.

    - Tarik lutut sampai ke dada. Hal ini dapat membantu mengompres diafragma, yang pada akhirnya dapat menghentikan cegukan Anda.
    - Berkumur dengan air (ini mungkin bisa sangat ekstrem karena cegukan bisa membuat Anda tidak sengaja menelan air atau tersedak).
    - Menarik lidah Anda sendiri.
    - Minum air dingin.

    “Jika Anda ingin mencegah diri Anda dari cegukan, hal terbaik untuk dilakukan adalah menghindari hal-hal, makanan, dan minuman yang Anda tahu akan menyebabkan cegukan," kata Ali. Misalnya, kurangi soda jika Anda tahu ini pemicu Anda mengalami cegukan.

    Selain itu,cegukan biasanya tidak menyakitkan, menurut Ali, jika cegukan Anda terjadi secara sering dan menyakitkan, mungkin ada sesuatu yang lebih serius terjadi dan Anda harus mencari tahu melalui dokter.

    Secara umum, cegukan biasanya hanya berlangsung selama beebrapa menit. Namun, jika serangan cegukan Anda sangat sering, menyakitkan, dan berlangsung selama berjam-jam atau beberapa hari, ini bisa menjadi tanda dari kondisi mendasar yang lebih serius, dan Anda harus mempertimbangkan mencari bantuan medis.

    Sebagai contoh, sistem saraf pusat Anda adalah yang mengendalikan refleks cegukan. Jika sistem saraf Anda rusak seperti karena stroke atau cedera otak traumatis maka ini dapat menyebabkan cegukan jangka panjang. Kondisi mendasar lainnya termasuk diabetes, penyakit ginjal, meningitis, dan anestesi.



    (YDH)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id