Beberapa Kesalahan saat Menggunakan Sunscreen

    Sunnaholomi Halakrispen - 22 Juni 2020 08:10 WIB
    Beberapa Kesalahan saat Menggunakan <i>Sunscreen</i>
    Ilustrasi-The Healthy
    Jakarta: Ketika memiliki tabir surya atau sunscreen, ada sejumlah hal yang perlu dipahami. Apalagi, sebelum Anda menggunakannya, agar tidak terjadi kesalahan yang berisiko tidak maksimalnya pemakaian.

    Dikutip dari The Healthy, hal pertama ialah Anda hanya menerapkan sunscreen ketika Anda tahu Anda akan berada di luar ruangan. Akan tetapi, selebihnya tidak menggunakannya.

    1. Hanya dipakai saat ke pantai

    "Tabir surya harus menjadi bagian dari rutinitas harian Anda, 365 hari setahun. Kesalahan nomor satu yang saya lihat adalah orang-orang yang menggunakan sunscreen hanya ketika mereka pergi ke pantai atau menghabiskan waktu di luar," ujar Cheryl Gustafson, MD, kepala residen dermatologi di Emory University dan juru bicara Skin Cancer Foundation.

    Cheryl menjelaskan, sinar matahari masih dapat mencapai kulit Anda. Misalnya, saat Anda mengemudi atau duduk di dekat jendela. Pada penelitian Universitas Washington pun ditemukan bahwa lebih dari separuh kasus melanoma dan karsinoma sel Merkel (dua jenis kanker kulit yang mematikan) terjadi di sisi kiri tubuh.

    Sisi kiri lebih terkena sinar UV saat berkendara, karena setir mobil di Amerika berada di sebelah kiri. Sedangkan di Australia yang setirnya berada di sisi kanan, penelitian telah menemukan kanker kulit lebih umum di sisi kanan tubuh.

    Untuk membiasakan menerapkan tabir surya setiap hari, Dr. Gustafson menyarankan untuk menemukan pelembap tubuh dan wajah yang mengandung setidaknya SPF 15. Gunakan setiap hari setelah mandi.

    2. Menerapkan sunscreen setelah berpakaian

    Jika Anda pernah mengolesi sunscreen sebelum pergi ke pantai, perhatikan area yang sedikit terbakar tepat di sekitar tali baju renang atau bukaan kaki. Anda sudah tahu lebih baik untuk memakai sunscreen terlebih dahulu, baru kemudian memakai baju. Tetapi, Anda mungkin tidak mengikuti strategi yang sama pada hari-hari biasa.

    "Jika Anda mencoba melindungi leher atau dada bagian atas, masuk akal untuk mengaplikasikan sunscreen ke leher dan lengan Anda sebelum mengenakan blus atau baju Anda," tutur Ingrid C. Polcari, MD, asisten profesor dermatologi di Fakultas Kedokteran Universitas Minnesota di Minneapolis.

    Tali pengikat, lengan dan garis leher seringkali bergeser atau bergerak. Jika Anda mengenakan sunscreen setelah Anda berpakaian dan tidak ingin menodai pakaian, Anda mungkin akan kehilangan beberapa titik di mana pakaian Anda bertemu kulit.

    3. Tidak menggunakan cukup sunscreen

    Jika Anda mengolesi cukup banyak sunscreen, Anda harus mengisi kembali persediaan tabir surya beberapa kali setiap musim panas. Menurut Dr. Gustafson, semprotan seukuran bola golf adalah tabir surya yang sempurna untuk menutupi seluruh tubuh Anda.

    Itu berarti bahwa idealnya menggunakan antara seperempat hingga setengah botol per orang selama hari yang panjang di pantai. Penelitian menunjukkan kebanyakan orang hanya menerapkan 25 hingga 50 persen dari jumlah sunscreen yang digunakan selama pengujian.

    Hal itu berarti cakupan SPF Anda yang sebenarnya adalah sekitar sepertiga dari apa yang ada pada label. Dengan kata lain, SPF 30 hanya sekuat SPF 10 jika Anda tidak menerapkannya dengan tepat.

    4. Menggunakan sunscreen kedaluwarsa

    Periksa tanggal kedaluwarsa botol sebelum Anda mengoleskan sunscreen yang telah lama disimpan. Sunscreen yang kedaluwarsa tidak memberikan perlindungan yang tepat karena bahan kimia menjadi tidak aktif dari waktu ke waktu.

    "Jika tidak ada tanggal kedaluwarsa yang tertera pada botol, tulis tanggal Anda membelinya di samping dan buanglah setelah satu tahun berlalu," ujar Debra Jaliman, MD, dokter kulit di New York City.

    (FIR)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id