Bahagia dengan Mendengarkan Diri Sendiri

    Sandra Odilifia - 15 September 2020 17:38 WIB
    Bahagia dengan Mendengarkan Diri Sendiri
    Saat Anda melakukan komunikasi dengan diri sendiri, itulah saat Anda melakukan komunikasi intrapersonal atau komunikasi intrapribadi. (Foto: Pexels.com)
    Jakarta: Pernah tidak sih Anda berbicara dalam hati? Entah dalam memutuskan sesuatu atau lainnya yang seakan bertanya namun dengan diri sendiri. Itulah yang disebut komunikasi intrapersonal.

    Komunikasi intrapersonal atau komunikasi intrapribadi ini bisa membantu Anda untuk terus melangkah dan menemukan kelebihan yang ada pada diri Anda sendiri. Ini adalah proses komunikasi yang unik, karena dilakukan dari, untuk, dan oleh diri sendiri.

    Misalnya, ketika membeli baju Anda mulai memilah, apakah bagus atau tidak, ukurannya pas atau tidak dan lainnya.

    Saat itulah Anda seakan berdiskusi namun hanya Anda dan untuk Anda sendiri, itu juga berguna untuk beradaptasi saat Anda berada di lingkungan atau bersama dengan orang baru.

    Walau sederhana namun komunikasi intrapersonal sangat penting bahkan bisa menjadikan Anda pribadi yang lebih tangguh. Sebab, komunikasi intrapersonal dapat membuat Anda lebih percaya diri dan dapat mengendalikan diri serta mampu mengelola sikap dan emosi.

    Mengutip akun resmi Instagram Kariib, Konseling Online @sahabatkariib, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menerapkan komunikasi intrapersonal secara maksimal.

    Pertama, buatlah list untuk esok hari. Misalnya, sebelum tidur Anda memikirkan apa saja yang harus dikerjakan, dari hal yang penting bahkan hal untuk waktu me-time Anda.

    Kedua, jangan terjebak dalam penyesalan, yang lalu biarlah berlalu. Namun, jangan lupa untuk evaluasi hari ini agar esok lebih baik dan pacu diri sendiri untuk terus belajar. Berbicara dengan diri sendiri dapat membuat Anda semakin fokus akan hal-hal baik lho!

    (TIN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id