Atasi Kulit Kapalan dengan Bahan Rumahan

    Raka Lestari - 09 Februari 2020 11:00 WIB
    Atasi Kulit Kapalan dengan Bahan Rumahan
    Berikut ini adalah beberapa bahan-bahan rumahan yang bisa mengatasi kulit kapalan. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
    Jakarta: Kapalan merupakan hal yang umum dialami oleh banyak orang. Pada umumnya kapalan terjadi pada jari-jari kaki dan tangan. Atau bisa juga karena terkena gesekan secara terus menerus. Kapalan biasanya disebabkan oleh kelainan bentuk tulang di sepanjang tulang kaki atau tangan.

    Untuk mengatasinya, beberapa kasus mungkin membutuhkan operasi kecil. Namun sebenarnya bisa juga mengatasinya dengan bahan-bahan yang ada di rumah.

    Dan berikut ini adalah beberapa bahan-bahan rumahan yang bisa mengatasi kapalan Anda seperti dilasir dari Thehealthy:

    1. Cuka apel 

    "Sebagian besar krim yang dijual bebas mengandung asam (biasanya salisilat), yang melarutkan kulit yang tebal dan membantu lapisan tambahan terlepas," jelas John Giurini, MD, kepala bedah podiatrik di Beth Israel Deaconess Medical Center di Boston. Dan cuka apel bekerja dengan cara yang sama. Cobalah mengoleskannya dengan bola kapas dan biarkan meresap selama beberapa menit.

    2. Lemon 

    Asam dalam lemon dapat membantu menyingkirkan kapalan. Sebelum tidur, potong seiris kulit lemon sekitar satu inci panjangnya dan lilitkan pada jari kaki atau bagian yang kapalan. Tutup dengan kain atau kaus kaki selama semalaman. Lanjutkan setiap malam sampai kapalan menghilang.

    Atasi Kulit Kapalan dengan Bahan Rumahan
    (Jika berbagai cara belum juga berhasil mengusir kapalan ada baiknya Anda mengonsultasikannya ke dokter kulit di berbabagi rumah sakit. Foto: Pexels.com)

    3. Aspirin 

    Hancurkan lima atau enam tablet aspirin yang dan aduk dengan cuka apel dengan perbandingan yang sama. Setelah diaduk dan sampai berbentuk pasta, gosokan ke bagian yang kapalan lalu gunakkan perban untuk menahannya. Setelah 10 menit, jaringan yang kapalan biasanya akan lebih lunak lalu Anda bisa menggosoknya dengan batu apung secara lembut.

    4. Epsom salt

    Untuk mengatasi kapalan, taburkan sejumput Epsom salt atau garam Epsom ke dalam baskom berisi air hangat lalu rendam kaki Anda selama sekitar 10 menit. Setelah kulit mati melunak, gunakan batu apung untuk menggosok. Lanjutkan setiap hari sampai kapalan semakin lama semakin tipis setelah mandi.

    5. Baking soda

    Sama seperti aspirin, Anda bisa menyampurkan baking soda dengan air ata cuka apel sampai berbentuk pasta. Baking soda dapat digunakan untuk membantu membuat kulit yang tebal pada bagian kapalan menjadi lebih tipis.

    Jika berbagai cara belum juga berhasil ada baiknya Anda mengonsultasikannya ke dokter kulit di berbabagi rumah sakit. Misalnya ke Rumah Sakit Royal Taruma, Rumah Sakit Pondok Indah, RSCM Kencana, atau pusat layanan kesehatan terdekat dari rumah Anda.



    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id