Kenapa Sakit Kepala Disertai Mual?

    Sunnaholomi Halakrispen - 21 Agustus 2020 15:47 WIB
    Kenapa Sakit Kepala Disertai Mual?
    Ilustrasi-Freepik
    Jakarta: Beberapa jenis sakit kepala disertai dengan mual atau perasaan ingin muntah. Migrain adalah penyebab paling umum dari sakit kepala dan mual. Namun, ada penyebab lainnya.

    Sakit kepala sangat umum, dan kebanyakan orang akan mengalaminya dari waktu ke waktu. Mual terkadang menyertai sakit kepala, dan sejumlah masalah kesehatan dapat menyebabkannya.

    Dikutip dari Medical News Today, menurut review 2015, sekitar 1 dari 7 orang di Amerika Serikat mengalami migrain setiap tahun. Migrain terasa seperti sakit kepala sedang atau berat. Nyeri seringkali berdenyut-denyut dan terletak di satu sisi kepala.

    Selama migrain, seseorang mungkin juga mengalami mual, muntah, hingga kepekaan terhadap cahaya atau suara. Selain migrain, penyebab umum sakit kepala dan mual mencakup flu, dehidrasi, kehamilan, alergi makanan, konsumsi kafein, nikotin, atau alkohol yang berlebihan.

    Selain itu, sakit kepala juga bisa dikarenakam stres, depresi, atau kecemasan. Bisa juga karena alergi makanan, keracunan makanan, radang tenggorokan, tonsilitis, sindrom pramenstruasi, bahkan kehamilan.

    Penyebab umum sakit kepala dan mual lainnya adalah gula darah rendah, yang bisa diakibatkan oleh tidak cukup makan, terlalu sering menggunakan obat, dan mengalami diabetes. Juga karena penyakit hati atau ginjal, defisiensi hormonal, ataupun efek obat tertentu.

    Sementara itu, ada penyebab yang lebih serius dari sakit kepala dan mual. Pertama, karena penyakit ginjal, meningitis, malaria, demam kuning, hepatitis A, cedera otak traumatis, patah tulang tengkorak, aneurisma otak, atau tumor otak.

    Penyebab lain sakit kepala dan mual yang terjadi bersamaan lebih parah dan mungkin memerlukan perawatan medis segera. Memahami berbagai macam penyebab sangat penting, karena dapat memungkinkan seseorang untuk mencari pengobatan yang tepat pada waktunya.

    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id