Produk Kentang Berisiko Listeria, Pernah Ditarik

    Sunnaholomi Halakrispen - 28 Juni 2020 11:00 WIB
    Produk Kentang Berisiko Listeria, Pernah Ditarik
    Produk kentang ini pernah ditarik karena adanya risiko bakteri listeria. Berikut selengkapnya. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
    Jakarta: Kentang merupakan salah satu bahan masakan yang mudah diolah untuk beragam jenis masakan. Namun, sejumlah produk kentang pernah ditarik dari edaran atau pasaran. Hal itu karena adanya risiko bakteri listeria, seperti yang saat ini menimpa jamur enoki Korea.

    Northern Star Co. pernah menarik kembali paket-paket kentang tertentu. Mulai dari Simply Potatoes, Diners Choice, dan produk kentang potong dan kantong segar Farm yang dijual di toko-toko, karena kemungkinan terkontaminasi dengan bakteri listeria monocytogenes.

    Dikutip dari WebMD, penarikan itu mencakup produk-produk merek yang dijual di toko-toko. Termasuk, Albertsons, Food Lion, Giant, Harris Teeter, Kroger, Publix, Safeway, Stop Shop & Save, Walmart, Wegmans, dan Winn Dixie.

    - Simply Potatoes Shredded Hash Browns (20 ons dengan Kode UPC 20169-22233)
    - Simply Potatoes Southwest Style Hash Browns (20 ons dengan Kode UPC  20169-22236)
    - Simply Potatoes Homestyle Slices (20 ons dengan Kode UPC 20169-22237)
    - Simply Potatoes Red Potato Wedges (20 ons dengan Kode UPC 20169-22238)
    - Diners Choice Shredded Hash Browns (1 kg dengan Kode UPC 20169-22223)
    - Farm Fresh Shredded Hash Browns (16 ons dengan Kode UPC  20169-22533)

    Akan tetapi, berdasarkan rilis berita Northern Star, tidak ada penyakit yang dikaitkan dengan produk yang ditarik. Sementara listeria monocytogenes sendiri dapat menyebabkan listeriosis, infeksi yang terutama menyerang lansia, wanita hamil, bayi baru lahir, dan orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

    Infeksi selama kehamilan dapat menyebabkan keguguran atau lahir mati, kelahiran prematur, atau infeksi pada bayi baru lahir. Hal itu dijelaskan oleh CDC (Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat).

    Northern Star mencatat bahwa produk kentangnya harus dimasak, setidaknya dengan suhu internal 160 derajat Fahrenheit. Cara itu diyakini efektif untuk membunuh bakteri listeria. 

    "Namun, konsumen dapat mengembalikan produk ke toko tempat ia dibeli untuk pengembalian uang penuh atau penggantian," tutur Northern Star. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi hotline konsumen Northern Star di 800-228-8105.




    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id