Tips agar Anda Tidak Mudah Mengantuk

    Raka Lestari - 03 September 2019 11:39 WIB
    Tips agar Anda Tidak Mudah Mengantuk
    Ilustrasi--(Foto: medpillmart)
    Ada beberapa cara  yang bisa digunakan, agar tetap terjaga di malam hari tanpa memberikan dampak pada siklus tidur seperti disarankan ahli. Salah satunya yaitu beristirahat sebelumnya.


    Jakarta: Waktu tidur yang cukup memang sangat dibutuhkan oleh tubuh, namun ada saat-saat Anda perlu terbangun pada larut malam untuk situasi-situasi tertentu. Entah itu karena pekerjaan, acara pernikahan, penerbangan malam hari, atau alasan lainnya.

    Namun, terjaga pada larut malam bukanlah hal yang mudah. Rasa kantuk pun sulit dihindari.

    Dilansir dari bustle, ada beberapa cara  yang bisa digunakan, agar tetap terjaga di malam hari tanpa memberikan dampak pada siklus tidur seperti disarankan ahli.

    Persiapkan dengan beristirahat sebaik mungkin

    Jika Anda memang ada kegiatan yang mengharuskan untuk tetap terjaga sampai larut malam, konsultan tidur bersertifikat Julia Walsh menyarankan untuk melakukan persiapan. "Pastikan Anda sudah cukup istirahat sebelumnya," katanya. "Tidur pada waktu yang sama setiap malam dan bangun pada waktu yang sama setiap pagi. Jika Anda sudah cukup istirahat dan mendapatkan tidur yang cukup setiap harinya, maka tidur larut malam satu hari tidak akan mengganggu tubuh Anda."

    Tidur sebentar

    Dr Josh Klapow, seorang behavioral scientist menjelaskan bahwa kebanyakan orang sudah mengetahui bahwa tidur sebentar pada siang atau sore hari dapat membuat Anda tetap terjaga. Hal itu bisa Anda gunakan untuk tetap terjaga di malam hari jika Anda memang membutuhkannya."Jika Anda bisa tidur selama satu atau dua jam di siang atau sore hari, Anda akan sedikit mengubah sinyal tidur normal Anda sehingga lebih mudah untuk tetap terjaga di malam hari," katanya.

    Jangan melakukan apapun yang mengingatkan untuk tidur

    Dr Klapow menyarankan untuk menjauh dari rutinitas harian Anda sebelum tidur. "Jika Anda biasanya duduk di ruang televisi sebelum tidur, cobalah untuk duduk di ruangan lainnya," katanya. "Apapun yang Anda lakukan harus berbeda dari rutinitas harian Anda sebelum tidur karena hal itu dapat mencegah Anda berkeinginan untuk tidur."

    Cobalah untuk tetap melakukan kegiatan dan beraktivitas

    "Lakukan sesuatu yang mengharuskan Anda bergerak atau melakukan sesuatu, namun jangan sampai melakukan sesuatu yang berlebihan," saran Dr Klapow.

    Hal tersebut agar membuat otak Anda tetap segar tetapi jangan sampai berlebihan karena itu dapat membuat Anda merasa lelah. "Bermain game atau berinteraksi dengan orang lain dapat membuat Anda tetap terstimulasi." paparnya.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id