Kemenkes Ungkap Salah Satu Cara Mencegah Stunting

    Sunnaholomi Halakrispen - 15 Januari 2020 09:22 WIB
    Kemenkes Ungkap Salah Satu Cara Mencegah Stunting
    Salah satu cara untuk mencegah stunting. (Foto: Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengungkapkan salah satu cara untuk mencegah stunting. dr. Kirana Pritasari, MQIH selaku Dirjen Kesehatan Masyarakat Kemenkes menekankan pentingnya nutrisi bagi ibu hamil.

    "Kalau berikan nasihatnya makan sayur yang banyak, berarti dia harus makan yang banyak sekali," ujar dr. Kirana di Ruang Binakarna, Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa, 14 Januari 2020.

    Dia memaparkan bahwa ibu hamil sebaiknya mengonsumsi makanan yang mengandung sejumlah nutrisi tepat. Hal tersebut demi memenuhi zat mikro atau zat yang terkandung di dalam makanan dengan ketersediaan yang jumlahnya harus cukup.

    Kemudian, yang juga memiliki zat besi dan vitamin D. Sebab, kandungan tersebut sangat berguna kesehatan ibu hamil dan janinnya. Sehingga, asupan makannya banyak.

    Selain bisa didapatkan dari makanan sehat, sejumlah nutrisi tersebut bisa diperoleh dari mengonsumsi obat-obatan tertentu. Salah satunya, yang telah dikemas ke dalam bentuk tablet. 

    Sayur yang hijau memang banyak mengandung zat besi, akan tetapi, apabila mengonsumsi dalam bentuk tablet atau kapsul, menjadi lebih mudah. Hanya dengan satu kali minum, telah cukup atau mencakup zat yang banyak. 

    "Karena memang ini sistem saraf, mencegah bayi lahir rendah dan kecacatan. Vitamin A dan daya tahan tubuh dna penglihatan, zinc tatalaksana obat diare," paparnya.

    Jika ibu hamil tidak memerhatikan nutrisi yang diterimanya, berisiko melahirkan anak dengan stunting atau kondisi gagal tumbuh. Misalnya, anak sulit bahkan tidak bisa tinggi, terlalu kurus atau gemuk, maupun perkembangan yang terhambat.

    Penyebab lain anak stunting pun karena ibu hamil mengalami anemia atau kurang darah. Sementara itu, berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, sekitar 48,6 persen ibu hamil mengalami anemia.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id