5 Tanda Kulit Eksem

    Timi Trieska Dara - 07 Oktober 2019 09:00 WIB
    5 Tanda Kulit Eksem
    Inilah cara membedakan eksem dari masalah kulit lainnya. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
    Jakarta: Sebanyak 10 persen orang dewasa dan anak-anak Amerika Serikat menderita eksem. Itu menjadikannya salah satu kondisi kulit yang paling umum. Hal itu juga salah satu yang paling sulit dikenali: Inilah cara membedakan eksem dari masalah kulit lainnya.

    1. Perhatikan lokasi kulit Anda yang kering dan sensitif

    Anda bisa mendapatkan kulit kering, iritasi, dan sensitif dari alergi, kondisi kulit, alergi, atau reaksi terhadap sesuatu di lingkungan Anda, seperti detergen atau wewangian. 

    Jeffrey S. Fromowitz, MD, seorang dokter kulit dan mitra pelaksana dan direktur medis di Dermatology of Boca, di Boca Raton, Florida mengatakan untuk mencari tahu apakah Anda mungkin memiliki eksem, perhatikan di mana iritasi terletak pada tubuh Anda.

    "Eksem atau dermatitis atopik cenderung mendukung daerah lentur — lipatan lengan, lipatan pergelangan tangan, lipatan leher, dan lipatan di belakang lutut," katanya. "Di situlah eksem cenderung paling menonjol dan merupakan indikasi yang cukup jelas bahwa itu bukan hanya iritasi dari kain atau parfum, yang cenderung menyebar ke seluruh tubuh."

    2. Apakah ada rasa gatal pada ruam itu?

    Gatal-gatal hebat adalah gejala umum eksem lainnya — tetapi itu bisa juga merupakan reaksi alergi atau iritasi dari produk kecantikan baru. Jadi, bagaimana Anda tahu bedanya? "Sekali lagi, penting untuk mencatat lokasi gatal yang hebat seperti kulit yang sangat kering dan sensitif," kata Dr Fromowitz. 

    "Indikator terbesar adalah apakah gatal berkembang sebelum atau setelah adanya ruam fisik." Eksem dikenal sebagai ruam yang gatal, karena Anda kemungkinan akan mendapatkan gatal yang intens yang mendahului perkembangan ruam. Dengan kontak dermatitis, atau bentuk ruam lainnya, seringkali terjadi sebaliknya: Ruam muncul sebelum Anda merasa gatal.

    5 Tanda Kulit Eksem
    (Jeffrey S. Fromowitz, MD, seorang dokter kulit dan mitra pelaksana dan direktur medis di Dermatology of Boca, di Boca Raton, Florida mengatakan penting untuk mencatat lokasi gatal yang hebat seperti kulit yang sangat kering dan sensitif. Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

    3. Periksa bentuk lepuh atau ruam Anda

    Lepuh berkembang atau kulit mengupas tidak nyaman dan mengkhawatirkan apa pun penyebabnya. Baik eksem dalam bentuk parah maupun dermatitis akibat oak beracun atau ivy bisa melepuh. (Lindungi diri Anda dengan menyikat seperi apa racun ivy itu) Perbedaannya adalah dalam distribusi dan bentuk lepuh, menurut Dr Fromowitz. 

    Jika Anda memerhatikan kondisi ini di tempat-tempat seperti permukaan lengan atau kaki Anda di atas otot, kemungkinan disebabkan oleh reaksi terhadap tanaman sebagai perbandingan lecet di lipatan tempat eksem hidup. "Juga, bentuk lepuh akan berbeda," katanya. Ruam racun ivy cenderung garis linier, sedangkan lepuh eksem cenderung bulat dan bergabung bersama.

    4. Apakah Anda juga menderita asma atau demam?

    Orang sering mengira kulit eksem merah dan meradang karena iritasi sementara dari pakaian, rumput, atau hewan peliharaan - atau jerawat, alergi, psoriasis, dan kondisi kulit lainnya. 

    Perbedaannya akan tergantung pada durasi dan pola kemerahan dan peradangan. Saran Dr Fromowitz: "Tanyakan pada diri Anda, sudah berapa lama (eksem) di sana, apakah ini pertama kali terjadi, apakah Anda juga memiliki riwayat asma dan alergi, dan apakah ada orang lain dalam keluarga yang mengalami hal seperti ini?" 

    Eksem adalah bagian dari apa yang disebut dokter sebagai triad atopik, bersama dengan asma dan demam. Jika Anda menderita salah satu dari kondisi tersebut bersama dengan kulit yang meradang merah di daerah fleksural, maka kemungkinan besar eksem. 

    Selain itu, karena kondisinya bersifat genetik, kemungkinan Anda akan memiliki gejala yang sama dengan anak-anak, dan itu akan menjadi masalah yang berulang. Jika ini adalah pertama kalinya kulit Anda bereaksi seperti ini — atau jarang — maka itu mungkin karena iritasi dan bukan eksem.

    5. Area bersisik itu datang dengan gejala lain

    Ingatlah bahwa bercak kulit bersisik bisa berasal dari hal-hal seperti psoriasis atau kontak dermatitis — atau mungkin kulit kering karena cuaca kering atau udara kering di rumah Anda. 

    "Jika Anda tinggal di kota dengan alergen dan polutan atau menggunakan pemanas dalam ruangan, itu bisa membuat kulit Anda kering," kata Dr Fromowitz. 

    "Tapi, itu juga dapat memperburuk eksem jika Anda memang memilikinya," ia memeringatkan. "Untuk mengetahui apa itu eksem, periksa apakah itu ada di lipatan kulit Anda, jika gatal, cari tahu seberapa sering itu terjadi, dan jika Anda juga menderita asma atau demam. Anda harus melihat gambaran yang lebih besar.





    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id