Etno Spa, Relaksasi Tubuh sesuai Etnik Indonesia

    Sunnaholomi Halakrispen - 23 Januari 2020 21:00 WIB
    Etno Spa, Relaksasi Tubuh sesuai Etnik Indonesia
    Ilustrasi-Pexels
    Jakarta: Spa merupakan salah satu teknik relaksasi tubuh. Etno Spa menghadirkan sensasi spa sesuai etnik Indonesia dan diyakini sebagai bagian dari kekayaan budaya Tanah Air.

    "Tiap daerah di Indonesia memiliki ciri khasnya masing-masing. Spa bagian yang tak terpisahkan dari siklus kehidupan dan perkembangan manusia," ujar Yoyoh R. Tambera selaku Pengajar dan Penguji Therapist Spa Nasional di Gaya Spa Jalan Wolter Monginsidi, Jakarta Selatan, Kamis, 23 Januari 2020.

    Etno Spa bisa memengaruhi perkembangan hidup manusia. Mulai dari proses kelahiran, tumbuh kembang anak, haid, perawatan pra pernikahan, kehamilan, menopause, bahkan post menopause.

    Kini, Etno Spa Indonesia dinilai menjadi modal dan identitas budaya yang digali juga dikembangkan dari unsur-unsur budaya Indonesia. Unik, khas, dan otentik hingga berkesempatan meraih prestasi sebagai destinasi utama pariwisata spa dunia.

    Lantaran ada banyak etnik di Indonesia, setiap jenis Etno Spa disesuaikan dengan beragam etnik tersebut. Di antaranya, Batak, Betawi, Minang, Sunda, Semarang, Jawa, Madura, Bali, Ambon, Banjar, Dayak, Bugis, Minahasa, hingga Papua.

    Di Jakarta sendiri, kata Yoyoh, kerap kali disebut dengan banyaknya masyarakat Betawi. Etnik Betawi menjadi salah satu Etno Spa yang dicari-cari.

    "Tangas Betawi sebagai bentuk penghargaan terhadap Etnis Cina perpaduan Arab, India, Sunda, Jawa, Eropa, dan Melayu yang membaur. Sehingga tercipta kristalisasi dengan ragam budaya masa silam yang secara utuh menjadi budaya Betawi," paparnya.

    Etno Spa, Relaksasi Tubuh sesuai Etnik Indonesia
    Para pembicara dan Humas Gaya Spa (Foto: Krispen/Medcom.id)

    Masyarakat Betawi percaya bahwa menjaga kebersihan merupakan hal yang penting. Salah satu filosofi yang diutamakan masyarakat Betawi ialah kebersihan adalah sebagian dari iman. Pantun terkenal Betawi pun berbicara tentang kebersihan.

    "Pisau belati potong selasih, pisau tajam memotong taman. Bila hatimu bersih, hidup terasa nyaman," ucap Yoyoh.

    "Mentalitas tentang kebersihan tercermin dalam kebiasaan wanita Betawi yang menganggap penting perawatan tangas. Warisan budaya dari mulai membersihkan kulit sampai dengan perawatan kewanitaan dengan perpaduan rebusan rempah, pijat, dan tangas," tambahnya.

    Perawatan spa khas Betawi tersebut meliputi perawatan di kepala yang bermanfaat untuk menghasilkan rambut sehat. Kemudian, perawatan wajah untuk menghasilkan wajah glowing dan cerah, perawatan tubuh untuk relaksasi.

    "Rangkaian Etno Spa Tangas Betawi ini dimulai dengan Sembe Ta’zim untuk peregangan tubuh, lalu dilanjutkan dengan pijat Betawi pulen legit ditemani smoke setanggi sebagai aromaterapi untuk mengharumkan tubuh," pungkas Yoyoh.

    Setelah melalui semuanya, dilanjutkan dengan proses mandi kembang. Saat mandi, akan ditemani dengan lantunan lagu oleh sang terapis atau dengan alunan musik. Selanjutnya, diakhiri dengan tangas atau mandi uap.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id