Manfaat Mengonsumsi Kolagen

    Raka Lestari - 27 Juli 2019 07:09 WIB
    Manfaat Mengonsumsi Kolagen
    Kolagen dapat membantu mencerahkan kulit--Foto:Shutterstock.
    Kolagen lebih sulit untuk dihasilkan seiring bertambahnya usia. Sehingga beberapa orang mungkin membutuhkannya dari sumber lain.

     
    Jakarta: Suplemen kolagen menjadi semakin populer selama beberapa tahun terakhir. Tetapi karena semakin menjadi populer, Anda mungkin jadi bertanya-tanya seberapa aman dan efektif suplemen kolagen tersebut.

    Dilansir romper, kolagen adalah jaringan ikat yang secara alami Anda hasilkan dalam tubuh Anda. Akan tetapi, lebih sulit untuk menghasilkan kolagen yang cukup seiring bertambahnya usia, sehingga beberapa orang mungkin membutuhkannya dari sumber lain.

    Dan berikut ini adalah manfaat dari mengonsumsi kolagen bagi tubuh Anda:

    1. Kolagen bisa membantu mengurangi nyeri sendi

    Mark Moyad, MD, direktur program pengobatan komplementer dan alternatif di University of Michigan Medical Center, mengatakan beberapa penelitian menunjukkan bukti bahwa suplemen kolagen dapat meningkatkan komposisi tubuh, kesehatan sendi, dan penyembuhan.

    "Menurut studi pada tahun 2008 dari para peneliti di Penn State University menemukan bahwa kolagen dapat membantu mengurangi atau mencegah nyeri sendi pada orang yang tidak memiliki penyakit sendi apa pun," katanya.

    2. Kolagen dapat membantu mencerahkan kulit

    Dora Vandekamp, ahli gizi dan ahli kecantikan alami, memberi tahu bahwa kolagen dapat mencerahkan kulit Anda. Bahkan, banyak orang yang secara teratur mengonsumsi suplemen kolagen mengatakan bahwa mereka melihat perbaikan pada kulit mereka.

    Ada beberapa bukti ilmiah bahwa kolagen dapat membantu memperbaiki kondisi kulit. Beberapa penelitian pada tahun 2014 menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi kolagen menunjukkan peningkatan elastisitas kulit.

    3. Kolagen dapat membantu melancarkan sistem pencernaan

    Vandekamp mencatat bahwa kolagen juga dapat membantu meningkatkan kesehatan usus. Jika Anda memiliki masalah pada sistem pencernaan, kolagen mungkin bisa menjadi pilihan untuk mengatasinya.

    Dr Josh Axe, DNM, DC, CNS, seorang dokter bersertifikat obat alami dan ahli gizi klinis, menulis bahwa kolagen dapat membantu kondisi seperti usus bocor, namun hal tersebut masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

    4. Kolagen dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan kuku

    Pamela Schoenfeld, MS, RD, LDN, ahli diet terdaftar, mengatakan bahwa selain membantu mengatasi nyeri sendi, banyak orang yang secara teratur mengonsumsi kolagen juga memerhatikan adanya peningkatan pertumbuhan rambut dan kuku. Barry Sears, PhD, pencipta Zone Diet, juga mengatakan bahwa kolagen adalah sumber prolin yang baik, yang merupakan asam amino utama yang dibutuhkan tubuh Anda untuk pembentukan rambut dan kuku.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id