Mengapa Berdiam Diri di Rumah Bisa Sangat Melelahkan?

    Raka Lestari - 08 April 2020 06:03 WIB
    Mengapa Berdiam Diri di Rumah Bisa Sangat Melelahkan?
    Ilustrasi-Pexels
    Jakarta: Salah satu dampak dari adanya social distancing di tengah pandemi covid-19 adalah tidak harus bangun lebih pagi untuk siap berangkat ke kantor, tidak perlu bepergian kemanapun, atau berkumpul di luar rumah. Namun bagi sebagian orang, hal tersebut justru membuat bosan dan melelahkan dengan berdiam diri di rumah saja.

    Ternyata, ada alasan yang bisa menjelaskan mengapa berdiam di rumah dan tidak melakukan apapun bisa membuat seseorang merasa lelah. Dr Diana Gall dari Dokter 4 U, mengatakan bahwa itu adalah hal yang normal jika Anda merasa tingkat energi menurun ketika tidak melakukan apapun.

    Ia mengatakan bahwa itu bisa menjadi siklus kecil. Semakin sedikit yang Anda kerjakan, semakin Anda merasa lelah, semakin sedikit hal yang Anda lakukan.

    “Ketika Anda melakukan sedikit aktivitas fisik apapun, dan tubuh Anda menghabiskan sebagian besar waktunya dalam posisi yang sama, entah itu hanya duduk atau berbaring dalam waktu yang cukup lama maka kemampuannya untuk mengambil oksigen berkurang dan Anda akan melihat penurunan besar dalam tingkat energi dan motivasi,” jelas Dr Diana.

    Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa alasan lain mengapa Anda merasa lelah, lesu, dan malas setelah tidak melakukan apapun. Sederhananya adalah karena Anda membiarkan tubuh Anda untuk merasakan hal itu sebab kurangnya stimulasi dan gerakan dari biasanya.

    Dr Diana juga mengatakan bahwa jika Anda tidak menjaga tubuh agar tetap aktif, maka semakin sedikit oksigen yang masuk ke dalam darah yang dapat meningkatkan perasaan lelah. Hal ini membuat Anda merasa tidak bersemangat dan mudah tersinggung.

    “Jika Anda berada di dalam rumah, terutama dalam ruangan yang kecil, maka Anda bisa terasa sesak dan kesulitan untuk melakukan aktivitas normal yang biasa Anda lakukan,” tambahnya.

    Namun sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menambah tingkat energi Anda meskipun harus berada di dalam rumah. Salah satunya adalah dengan tetap bergerak.

    “Cara terbaik yang bisa Anda lakukan untuk memberikan dorongan energi pada tubuh dan untuk meningkatkan kadar serotonin adalah, dengan melakukan aktivitas fisik rutin seperti berolahraga atau berjalan-jalan di luar rumah,” tutupnya.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id