Efek Kurang Tidur bagi Kesehatan Usus Anda

    Raka Lestari - 26 September 2020 06:04 WIB
    Efek Kurang Tidur bagi Kesehatan Usus Anda
    Kurang tidur dapat berdampak pada kesehatan tubuh Anda, salah satunya adalah pada kesehatan usus Anda. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Kurang tidur dapat berdampak pada kesehatan tubuh Anda, salah satunya adalah pada kesehatan usus Anda. Kesehatan usus dan pola tidur Anda berjalan dua arah. Mereka saling memengaruhi satu sama lain. Dan ketika Anda tidak memperhatikan waktu tidur sebagaimana mestinya, ini akan berdampak pada kesehatan Anda yang menurun.

    Dikutip dari Women's Health, berikut ini adalah efek dari kurangnya waktu tidur pada kesehatan usus Anda:

    1. Kurang Tidur Mengubah Mikrobioma Usus Anda

    Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Molecular Metabolism, ketika rasio firmicutes/bacteroidetes di usus Anda rusak, hal itu dapat menyebabkan penyakit. Hal inilah yang menyebabkan ketika Anda kurang tidur, maka perut Anda terasa sedikit tidak enak atau kurang nyaman seperti biasanya.

    2. Kurang Tidur Membatasi Kemampuan Tubuh Anda Untuk Mengontrol Gula Darah

    Jika kurang tidur, penelitian menunjukkan bahwa tubuh Anda mungkin kesulitan mengontrol gula darah. Sebuah studi dari University of Chicago menemukan bahwa kurang tidur menghambat kemampuan tubuh untuk mengontrol gula darah. Hal ini tentu menghawatirkan karena gula darah, glukosa dalam darah Anda, menyediakan energi dan nutrisi penting bagi organ-organ tubuh Anda.

    3. Gangguan Tidur Dapat Berdampak Negatif pada Kesehatan Usus

    Michael Gelb, D.D.S., M.S., dokter spesialis tidur yang berbasis di New York, menjelaskan bahwa kurang tidur yang disebabkan oleh hal-hal seperti sleep apnea dapat berdampak negatif pada mikrobioma usus Anda. 

    "Ketika microbiome Anda kurang beragam, itu dapat memengaruhi produksi serotonin dan melatonin yang memengaruhi kemampuan Anda untuk tidur. Dalam sebuah penelitian pada hewan, gangguan ini menyebabkan peradangan dan resistensi insulin," imbuhnya. 

    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id