Kombinasi Herbal untuk Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

    Kumara Anggita - 04 Agustus 2020 19:09 WIB
    Kombinasi Herbal untuk Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh
    Daun meniran, mungkin Anda sering menjumpainya di banyak tempat. Ternyata punya banyak manfaat. (Foto: Dok. Generasibiologi.com)
    Jakarta: Terdapat banyak jenis herbal yang bisa mengembalikan ketidakseimbangan sistem imun yang terganggu. Bila Anda mengombinasikannya dengan tepat, hasilnya akan lebih terlihat.

    Dr. (Cand.) dr. Inggrid Tania, M.Si (Herbal), Ketua Persatuan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) mengungkapkan bahwa ada beberapa herbal yang bersifat imunomodulator yang dapat dikombinasikan untuk mendapatkan efek modulasi respons imun yang lebih optimal dan seimbang.

    Dengan tetap mengutamakan pertimbangan pemakaian jangka panjang, kombinasi herbal yang dimaksud antara lain adalah meniran, jahe merah, sambiloto, dan sembung.

    Berikut ini manfaat atau kegunaannya seperti diterangkan oleh Dr. Inggrid dalam acara Webinar Fatigon Promuno:

    1. Meniran

    Meniran punya nama lain Phyllanthus urinaria. Tanaman meniran banyak terdapat di alam bebas. Daun, batang daun, dan akar tanaman meniran ini digunakan sebagai obat herbal yang dipercaya bisa mengatasi berbagai penyakit. 
    Kegunaan meniran: Untuk mempercepat penyembuhan infeksi virus cacar air.

    2. Jahe merah

    Jahe merah adalah jahe dengan kulit berwarna merah muda. Dipanen ketika sudah tua, dan tanaman yang bernama Zingiber officinale var. Rubrum ini adalah tanaman dengan ukuran yang lebih kecil dari jahe putih atau kuning.
    Kegunaan jahe merah: Untuk antiradang, meredakan batuk dan gangguan pencernaan.

    3. Sambiloto

    Sambiloto adalah tumbuhan berkhasiat obat berupa terna tegak yang tingginya bisa mencapai 90 sentimeter. Walaupun rasanya sangat pahit, sambiloto mengandung antioksidan yang sangat banyak sehingga mampu meningkatkan kekebalan tubuh Anda.
    Kegunaan sambiloto: Untuk antivirus, bisa menurunkan demam.

    4. Sembung

    Dilansir dari Wikipedia, Blumea balsamifera atau sembung adalah tanaman perdu yang biasa dipakai untuk mengobati penyakit pilek, reumatik, kembung, diare, sakit tulang dan sebagainya.

    Kegunaan sembung: Untuk antiradang, dapat menurunkan demam, meredakan batuk, dan gangguan pencernaan. Menurut Dr. Inggrid keempat herbal ini aman digunakan untuk jangka panjang. Silakan mencoba!

    (TIN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id