Apakah Menonton Film di Bioskop Aman bagi Wanita Hamil?

    Raka Lestari - 15 Februari 2020 12:05 WIB
    Apakah Menonton Film di Bioskop Aman bagi Wanita Hamil?
    Menonton film di bioskop merupakan salah satu kegiatan yang cukup menyenangkan dan bisa menjadi salah satu hiburan. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Menonton film di bioskop merupakan salah satu kegiatan yang cukup menyenangkan dan bisa menjadi salah satu hiburan. Dan mungkin juga menonton film di bioskop menjadi pilihan hiburan bagi para wanita hamil.

    Namun mungkin beberapa orang merasa khawatir apakah menonton film di bioskop aman bagi wanita hamil?

    "Wanita hamil tidak terlalu sensitif terhadap suara," kata Melissa R. Peskin-Stolze, M.D., kepada romper.

    Jadi tidak ada tindakan pencegahan khusus yang harus dilakukan calon ibu jika ingin menonton film di bioskop. Ketika berbicara tentang suara, Michele Cherry, D.O., mengatakan bahwa pembatasan kebisingan umum untuk wanita hamil adalah sama dengan yang lainnya karena suara keras yang berlebihan untuk waktu lama dapat menyebabkan gangguan pendengaran pada orang dewasa.

    Namun seorang wanita memang tidak hanya memerhatikan kesehatan dirinya karena ada janin yang ada dalam kandungannya yang harus dipertimbangkan kesehatannya. “Jalur pendengaran janin mulai berkembang pada sekitar usia kehamilan 24 minggu,” kata Dr Cherry.

    Ini berarti bayi yang belum lahir memiliki sensitivitas terhadap suara sama seperti orang lain. Dan meskipun Anda bisa menggunakan alat penyumbat telinga, bayi Anda tidak bisa mendapatkannya. Dr Cherry mengatakan, “Tidak ada metode untuk melindungi janin dari kebisingan di lingkungan sekitarnya,” terangnya.

    Dan sebaiknya Anda tidak perlu khawatir. Dr Peskin-Stolze menjelaskan, duduk di bioskop selama dua atau tiga jam dalam batasan waktu yang disarankan seharusnya tidak memengaruhi pendengaran janin bayi.

    “Suara keras dapat meningkatkan tingkat kecemasan dan stres, yang pada gilirannya dapat mempengaruhi perkembangan janin dan kesehatan ibu,” ucapnya.

    Dr Cherry mengatakan bahwa dia tidak merekomendasikan wanita hamil pergi ke tempat dengan suara yang sangat keras seperti konser atau sumber-sumber suara yang keras. Dan meskipun ada banyak hal yang harus Anda perhatikan dan waspada terhadap kebisingan yang ada di sekitar wanita hami, menonton film di bioskop masih dianggap aman.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id