Kapan Harus ke Dokter Saat Luka Bakar?

    Kumara Anggita - 23 Juli 2020 11:00 WIB
    Kapan Harus ke Dokter Saat Luka Bakar?
    Kapan harus ke dokter saat terkena luka bakar? Dr. Sandi Perutama Gani, Medical Expert Combiphar menjawabnya. (Foto: Pexels.com)
    Jakarta: Ketika kena luka bakar, Anda bisa memberikan pertolongan pertama sendiri. Ini dilakukan dengan cara membasuh luka dengan air lalu keringkan dan mengolesnya dengan salep tertentu setiap 4-6 jam sekali.

    Namun, tak semua luka bakar bisa diatasi dengan ini. Kira-kira luka bakar seperti apa yang membuat kita harus ke dokter?

    Dr. Sandi Perutama Gani, Medical Expert Combiphar mengungkapkan Anda perlu ke rumah sakit ketika luka itu menyebabkan kulit Anda melepuh atau lukanya begitu besar.

    “Kalau luka bakar yang kejadiannya di rumah seperti memasak atau ketumpahan air panas atau tahapnya masih sedikit, tidak terlalu parah mungkin kita masih bisa tangani sendiri," ungkapnya dalam Webinar Combiphar dengan Tema Risiko Luka Bakar Mengintai Keseharian di Rumah, Rabu, 22 Juli 2020.

    "Namun kalau misal kita lihat lukanya sudah melepuh atau areanya sudah cukup luas itu kita tetap tangani dengan membersihkannya dan beri salep luka bakar tapi dalam posisi seperti itu langsung pergi ke dokter. Karena nanti akan perlu diberikan cairan.” 

    “Penting bagi setiap masyarakat untuk memastikan ada salep luka bakar di kotak P3K di rumah. Salep untuk mengobati luka bakar sebaiknya memiliki kandungan yang berfungsi sebagai antiradang, anti mikrobial serta dapat membantu regenerasi jaringan kulit baru,” kata dr. Sandi. 

    Menurutnya, Anda perlu salep yang kandungannya bersifat antimicrobial, antiinflamasi, dan melembapkan. Dengan ini penyembuhan akan efektif dan cepat. Hindari menggunakan bahan-bahan rumah seperti kecap, mentega, minyak, dan odol karena bahan tersebut bisa membuat infeksi.


    (TIN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id