Manfaat Pola Makan Vegetarian

    Sunnaholomi Halakrispen - 28 Juni 2020 07:00 WIB
    Manfaat Pola Makan Vegetarian
    Ada dua sisi dalam pola makan vegetarian. Berikut ulasan dari berbagai studi. (Foto: Pexels.com)
    Jakarta: Pola makan vegetarian atau vegan tidak hanya memberikan sejumlah manfaat, namun juga ada risikonya. Maka, diet yang bebas dari produk hewani membutuhkan perencanaan untuk memastikan terpenuhinya kebutuhan nutrisi seseorang. Bila perlu Anda mengonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter spesialis gizi klinis.

    Bagi sebagian orang, pola makan ini bermanfaat, karena mendorong mereka untuk memikirkan diet mereka dan memahami kandungan nutrisi dari makanan yang dimakan. Bagi yang lain, justru bisa membuktikan tantangan dan menyebabkan defisit gizi.

    Namun begitu, banyak manfaat dari pola makan vegetarian ini. Dikutip dari Medical News Today, Akademi Nutrisi dan Diet mencatat bahwa pola makan vegetarian atau vegan dapat menurunkan risiko beberapa penyakit. Di antaranya, bentuk penyakit jantung, kanker tertentu, dan dapat mendorong penurunan berat badan.

    Sebuah studi dari tahun 2014 melihat asupan nutrisi dari 1.475 orang dan menemukan bahwa orang-orang dengan pola makan vegan mengonsumsi lebih sedikit lemak jenuh. Juga lebih sedikit kolesterol makanan daripada mereka yang melakukan diet omnivora. 

    Tetapi, mereka juga memiliki skor asupan protein, kalsium, dan energi terendah. Kadar vitamin B-12 normal, mungkin karena orang menggunakan makanan yang diperkaya.

    Academy of Nutrition and Dietetics menyatakan pada tahun 2016 bahwa orang yang diet vegetarian atau vegan berisiko lebih rendah terhadap berbagai penyakit. Di antaranya, termasuk penyakit jantung iskemik, kanker tertentu diabetes tipe 2, hipertensi, dan kegemukan.

    Sementara itu, sebuah studi dari 2017 yang mengamati lebih dari 70.000 wanita menemukan bahwa mereka yang diet lebih tinggi dalam makanan nabati yang sehat memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung koroner.

    Pola makan vegan cenderung rendah kalori, sehingga lebih mudah bagi vegan untuk mengatur berat badan mereka. Sebab, banyak makanan olahan bukan vegan, diet vegan dapat menghalangi banyak makanan yang tidak sehat, dan mengandung sodium.

    Penelitian lain pada 2017 menemukan bahwa diet makanan vegan secara signifikan dapat mengurangi peradangan pada orang-orang dengan penyakit arteri koroner. Hal ini menunjukkan bahwa pola makan vegan dapat meningkatkan kesehatan jantung.




    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id