Langkah Efektif Hilangkan Lemak Perut

    Anda Nurlaila - 29 Juni 2019 19:02 WIB
    Langkah Efektif Hilangkan Lemak Perut
    Ilustrasi (Foto: huffingtonpost)
    Ada berbagai cara untuk menghilangkan lemak di perut. Salah satunya yaitu memilih makanan dan meninggalkan kebiasaan buruk.


    Jakarta: 
    Olah raga teratur dan makan diet seimbang mungkin berhasil menurunkan bobot badan. Tapi banyak orang yang kecewa karena lemak di bagian perut seperti tidak berkurang. 

    Lemak perut atau lemak visceral adalah jenis lemak paling berbahaya karena dapat menyelimuti organ-organ utama seperti hati, pankreas dan ginjal. Ada cara-cara untuk menghalau lemak dari bagian perut, seperti diberitakan WebMD:

    Lebih banyak serat

    Sayuran hijau, biji-bijian utuh, kacang-kacangan, dan kacang-kacangan baik untuk menjaga lemak yang tersimpan jauh di dalam perut. Mengurangi lemak visceral berarti membantu organ utama tubuh lebih sehat. 

    Berhenti merokok

    Perokok lebih mungkin menyimpan lemak di perut, daripada pinggul dan paha. dan lemak perut lebih berisiko mengalami diabetes, kanker dan penyakit jantung dan paru-paru. Hubungi dokter agar dapat membantu Anda berhenti merokok selamanya. 

    Lupakan dua hal ini 

    Tidak ada "makanan super" untuk membakar lemak visceral. Anda juga tidak dapat menghilangkannya dengan gerakan tertentu seperti crunch. Cari cara untuk memperbaiki kebiasaan makan dan menambah aktivitas fisik setiap hari. 

    Hal terbaik yang dapat dilakukan
     

    Mereka yang memiliki terlalu banyak lemak perut lebih mungkin kelebihan berat badan. Saat menurunkan berat badan, akan membantu meluruhkan lemak di seluruh tubuh termasuk lemak yang tersembunyi di lipatan perut. 

    Pilih makanan berlemak

    Anda masih bisa menikmati makanan berlemak, tetapi batasi lemak jenuh dalam makanan hewani, minyak kelapa, minyak sawit dan susu berlemak tinggi. Jaga porsi tetap lebih kecil dari biasanya. 

    Periksa label nutrisi untuk melihat berapa banyak kalori dan lemak dalam satu porsi. Perbanyak asupan makanan lemak sehat dari nabati atau ikan seperti salmon, tuna, dan mackerel yang kaya akan omega-3 lebih baik.

    Hindari olahraga intensitas tinggi terlalu lama

    Hindari melakukan olahraga intensif selama berjam-jam. Studi memperlihatkan latihan cepat berintensitas cepat seperti sprint 30 detik atau set pullup intens mungkin lebih efektif, dan lebih mudah disesuaikan dengan jadwal Anda. Setelah latihan intens, turunkan kembali ke kecepatan yang lebih lambat, dan ulangi.

    Tidur cukup

    Tidur yang terlalu sedikit, kurang dari lima jam bisa membuat lemak perut menumpuk. Tetapi waktu tidur yang lebih dari delapan jam juga berefek serupa. Waktu tidur yang efektif menghilangkan lemak perut antara 6 hingga 8 jam. 

    Lupakan "prosedur instan"

    Prosedur kosmetik seperti sedot lemak tidak mencapai bagian dalam dinding perut. Jadi tidak bisa menghilangkan lemak perut visceral. Diet ketat juga bukan solusi karena tubuh cenderung mengalami efek yoyo. Solusi terbaik walaupun memerlukan waktu adalah melalui perubahan gaya hidup secara konsisten. 

    Tetap tenang

    Stres membuat Anda makan lebih banyak gula dan lemak serta memicu tubuh melepas hormon stres kortisol yang meningkatkan lemak perut. Stres juga membuat Anda kurang tidur, kurang olahraga yang juga menambah lemak perut. Meditasi, berolahraga atau cara sehat lainnya untuk bersantai dapat menurunkan ketegangan dan hormon kortisol.

    Kebiasaan minum

    Kopi latte, soda, segelas bir, atau segelas anggur mengandung kalori yang dapat meningkatkan lemak tubuh. Jika ingin menurunkan berat badan dan lemak tubuh minuman terbaik adalah air putih.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id