Waspadai Demam Scarlet pada Anak

    Torie Natalova - 16 Februari 2019 10:00 WIB
    Waspadai Demam Scarlet pada Anak
    Waspadai Demam Scarlet pada Anak (Foto: gettyimages)
    Jakarta: Panas atau demam pada anak seringkali membuat orang tua khawatir si kecil terkena demam berdarah. Demam pada anak biasanya terjadi akibat infeksi atau peradangan dan virus yang menular. Salah satu infeksi menular yang sering menyerang anak-anak adalah Scarlet fever.

    Scarlet fever adalah ruam yang disertai dengan sakit tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri streptococcus. Penyakit ini paling sering menyerang anak-anak, tetapi dapat terjadi pada semua kelompok usia. Gejala khasnya adalah ruam dan lidah terlihat merah dengan bintik-bintik yang menyerupai stroberi.

    Seseorang dapat terinfeksi dengan bakteri streptococcus melalui sentuhan atau aliran udara. Scarlet fever muncul bersamaan dengan sakit tenggorokan streptococcus. Penyakit ini dapat diobati dengan antibiotik dengan masa inkubasi (waktu dari infeksi hingga berjangkitnya penyakit) adalah tiga hingga delapan hari.

    Scarlet fever biasanya disertai dengan gejala-gejala seperti tenggorokan sakit, panas, sakit kepala, merasa lemah, ruam pada lipatan kulit terutama di sekitar siku dan bawah lengan, pipi dan leher memerah, bagian lidah memiliki lapisan putih tebal yang mengelupas setelah empat atau lima hari dengan penampilan seperti stroberi merah.

    Penyakit ini biasanya menghilang dalam waktu seminggu, tetapi dapat menular antara 10 hari dan tiga minggu jika tidak diobati. Ruam dapat segera hilang jika pasien diobati antibiotik dengan cepat.

    Dalam kasus yang sangat jarang terjadi, demam scarlet ini dapat menyebabkan komplikasi terutama jika penyakit ini tidak diobati. Adapun komplikasi yang dapat terjadi seperti radang dalam selaput lendir, peradangan telinga tengah, pneumonia, demam rematik, glomerulonefritis yang sangat jarang terjadi.

    (ELG)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id