Enam Makanan yang Membahayakan Fungsi Ginjal

Torie Natalova - 11 Januari 2019 13:30 wib
Terlalu berlebihan sodium dapat menyebabkan ginjal menahan air
Terlalu berlebihan sodium dapat menyebabkan ginjal menahan air untuk melarutkan garam dalam aliran darah. (Foto: Edi Libedinsky/Unsplash.com)

Jakarta: Ketahuilah bahwa ginjal Anda melakukan pekerjaan yang sulit yaitu menyaring dan mengeluarkan produk limbah dalam aliran darah.

Ginjal juga menjaga keseimbangan cairan tubuh secara keseluruhan serta melepaskan hormon yang membuat sel darah merah, memastikan kesehatan tulang dan mengatur tekanan darah.

Tanpa disadari, pola makan, diet, obat-obatan dan racun lingkungan bisa membuat tekanan pada ginjal yang dapat berakibat pada kerusakan. Makanan juga bisa berpengaruh pada ginjal bahkan yang terlihat menyehatkan.

Pastikan Anda tidak mengonsumsi tujuh makanan ini secara berlebihan seperti dilansir dari Hhdresearch.

1. Pemanis buatan
Mengganti gula dengan pemanis buatan tidak akan mengubah dampaknya pada tubuh. Orang yang menggunakan pemanis buatan dalam minuman sama seperti minum sedikit gula secara keseluruhan.

(Baca juga: Beberapa Gejala Gagal Ginjal pada Anak)

2. Daging merah
Daging mengandung sejumlah besar protein yang baik untuk pertumbuhan dan kesehatan otot. Tapi, memetabolisme protein daging adalah pekerjaan tersulit yang dilakukan ginjal. Jeroan seperti hati, juga memiliki konsentrasi purin yang tinggi.

Purin menstimulasi produksi asam urat, produk limbah yang diproses oleh ginjal. Terlalu banyak purin dapat menyebabkan batu ginjal.


(Dalam jumlah wajar, kafein seharusnya tidak menghentikan ginjal Anda mengakses air yang cukup untuk melakukan pekerjaan mereka. Foto: MJ Tangonan/Unsplash.com)

3. Garam
Sodium bersama kalium bekerja menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh yang sangat penting untuk ginjal. Tapi, terlalu berlebihan dapat menyebabkan ginjal menahan air untuk melarutkan garam dalam aliran darah, sehingga menempatkan beban yang tidak seharusnya pada ginjal.

4. Kafein
Kafein adalah diuretik ringan yang memengaruhi kemampuan ginjal menyerap air. Dalam jumlah wajar, kafein seharusnya tidak menghentikan ginjal Anda mengakses air yang cukup untuk melakukan pekerjaan mereka.

5. Alpukat
Buah dengan lemak sehat ini mengandung kalium dosis tinggi yang mengontrol cairan, keseimbangan elektrolit dan tingkat pH. Ginjal mengandalkan keseimbangan kalium dan natrium untuk melakukan pekerjaan mereka dengan benar.

Mereka yang sudah memiliki penyakit ginjal sebaiknya hindari buah yang satu ini. Hyperkalemia adalah nama penyakit yang menjabarkan terlalu banyak kalium dalam darah Anda.

6. Kacang
Kacang mineral oksalat yang ditemukan dalam jenis batu ginjal paling umum. Jika Anda memiliki batu ginjal di masa lalu, hindari semua kacang. Bayam, bit, keripik kentang, kentang goreng, juga mengandung oksalat. Ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter untuk beberapa camilan yang baik yang berkaitan dengan ginjal.




(TIN)


BACA JUGA
BERITA LAINNYA

Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.