Hilangkan Jerawat di Kulit dengan Sampo Anti-ketombe

    Raka Lestari - 02 Juni 2020 09:04 WIB
    Hilangkan Jerawat di Kulit dengan Sampo Anti-ketombe
    Pada cuaca yang panas, sesuatu yang disebut dengan jerawat jamur biasanya akan muncul dan biasanya itu bukanlah jerawat, melainkan jamur atau mikroorganisme yang menumpuk, yang biasanya terjadi pada kulit yang panas dan berkeringat. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Anda mungkin menyadari bahwa stres yang meningkat, maka semakin banyak juga jerawat yang muncul. Namun ternyata, salah satu alasan mengejutkan yang bisa menjadi penyebab munculnya jerawat pada kulit ternyata tidak ada hubungannya dengan stres atau kecemasan.

    Pada cuaca yang panas, sesuatu yang disebut dengan jerawat jamur biasanya akan muncul dan biasanya itu bukanlah jerawat, melainkan jamur atau mikroorganisme yang menumpuk, yang biasanya terjadi pada kulit yang panas dan berkeringat. “Jamur pada kulit dapat menyerang folikel rambut, menyebabkan timbulnya bintil seperti jerawat yang berisi nanah,” ujar Joshua Zeichner, seorang dokter kulit, dikutip dari The List.

    Namun hal itu bisa diatasi dengan cara yang mudah, yaitu dengan menggunakan sampo anti-ketombe. Menurut Zeichner, hal ini karena sampo anti ketombe mengandung perawatan anti-jamur, seperti zinc pyrithione and selenium sulfide.

    “Bahan kimia ini bekerja dengan mengganggu membran sel jamur, yang mencegahnya tumbuh dan bereplikasi," kata dokter kulit Jennifer Chwalek.

    Ia merekomendasikan untuk menggunakan sampo anti ketombe setiap hari selama jerawat pada kulit masih aktif dan menggunakannya satu atau dua kali seminggu untuk menghindari munculnya kembali jerawat pada kulit.

    Jika bukan karena jerawat jamur atau fungal acne, Anda bisa memilih perawatan jerawat yang alami dan tanpa harus merasa khawatir yaitu dengan menggunakan madu. Menurut Medical News Today, madu memiliki sejumlah antioksidan yang membantu membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori dan memicu berjerawat.

    Cukup dengan mencelupkan kapas ke madu dan oleskan ke area yang berjerawat dan pastikan untuk tetap berada di dalam rumah. Selain madu, Anda bisa juga menggunakan lidah buaya yang memang sudah terkenal untuk merawat kulit yang mengalami sunburn.

    Lidah buaya mengandung antibakteri alami dan anti-inflamasi, menyembuhkan kulit yang meradang dan mencegah jerawat di kemudian hari.

    Cara lain yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan aspirin. Obat penghilang rasa sakit ini mengandung asam salisilat yang membantu mengurangi peradangan dan mengeringkan jerawat, menurut dokter bedah plastik Joseph Cruise.

    Untuk menggunakannya, hancurkan aspirin dan tambahkan air sampai menjadi pasta dan oleskan ke daerah yang mengalami jerawat.



    (YDH)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id