Penyebab Sakit Kepala Setelah Berolahraga

    Raka Lestari - 13 Juli 2020 16:00 WIB
    Penyebab Sakit Kepala Setelah Berolahraga
    Jika Anda mengalami sakit kepala saat berolahraga, simak penjelasan ahli di bawah ini. (Foto: Pexels.com)
    Jakarta: Beberapa orang mungkin pernah mengalami sakit kepala setelah berolahraga. Ini dikenal dengan exertion headache atau primary exercise headache dan biasanya sakit kepala ini dipicu oleh aktivitas fisik Anda.

    Meskipun sakit kepala ini bukanlah jenis sakit kepala seperti migrain atau sakit kepala karena stres, sakit kepala ini bisa cukup menyakitkan dan berlangsung selama 5 menit sampai 48 jam. Dikutip dari Health, ini biasanya terjadi ketika Anda berolahraga cukup berat sehingga menyebabkan peningkatan tekanan pada pembuluh darah di otak.

    Beberapa jenis olahraga seperti bersepeda, lari, atau angkat beban adalah jenis olahraga yang cenderung lebih berat sehingga dapat memicu terjadinya exertion headaces, menurut American Migraine Foundation (AMF).

    “Berolahraga pada lingkungan yang panas, lembap atau pada dataran tinggi ketika tubuh Anda belum menyesuaikan diri dengan baik dapat menyebabkan sakit kepala ini,” kata Clifford Stark, DO, dokter spesialis kedokteran olahraga di New York. Sehingga jika Anda mengalami sakit kepala ketika berolahraga, itu berarti tubuh Anda memberikan sinyal untuk beristirahat.

    Penyebab Sakit Kepala Setelah Berolahraga
    (Tujuan pemanasan sebelum berolahraga untuk meningkatkan detak jantung secara bertahap. Foto: Pexels.com)

    Pemanasan

    Jika sakit kepala sudah menghilang, Anda bisa kembali melakukan olahraga sebelumnya, tetapi harus melakukan pemanasan terlebih dahulu. Tujuan pemanasan sebelum berolahraga untuk meningkatkan detak jantung secara bertahap dan mempersiapkan aliran darah untuk aktivitas pada tubuh sehingga dapat mencegah terjadinya sakit kepala.

    Selain pemanasan, penting juga untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. “Jaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik, mengonsumsi makanan sehat dan mendapatkan waktu tidur yang cukup dapat mencegah Anda mengalami sakit kepala setelah atau saat berolahraga,” kata Erin Manning, MD, asisten ahli saraf di Hospital for Special Surgery di New York.

    “Sakit kepala ketika berlahraga juga bisa terjadi karena kesalahan kecil yang Anda lakukan saat berolahraga,” kata Steven Coppolecchia, ahli terapi fisik di Spear Physical Therapy di New York. “Ada banyak kasus, terutama pada olahraga angkat beban yang mengalami hal ini,” kata Coppolecchia.

    Dan untuk mengatasinya, beberapa obat yang ada di pasaran umumnya bisa menghilangkan sakit kepala tersebut. Akan tetapi, jika sakit kepala Anda masih berlanjut meskipun sudah minum obat sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter.



    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id