Povidone-Iodine (PVP-I) Efektif Membunuh Virus SARS CoV-2 Penyebab Covid-19?

    Raka Lestari - 13 Juli 2020 08:00 WIB
    Povidone-Iodine (PVP-I) Efektif Membunuh Virus SARS CoV-2 Penyebab Covid-19?
    WHO menganjurkan penggunaan antiseptik sebagai bagian dari personal hygiene. (Foto: Pexels.com)
    Jakarta: Povidone-Iodine (PVP-I) dianggap dapat efektif membunuh virus SARS CoV-2 yang dapat menyebabkan covid-19. Berdasarkan hasil penelitian laboratorium (in vitro) dengan standar BSL-3 oleh Duke-National University Singapore, PVP-I efektif membunuh 99,99 virus SARS CoV-2 dalam waktu 30 detik.

    Menurut Prof. Drg. RahmiAmtha, MDS. Sp.PM, PhD, SATGAS Covid-19 PB PDGI dan Guru Besar Ilmu Penyakit Mulut FKG Trisakti, “PVP-I sangat efektif menangani SARS CoV, MERS, dan sekarang SARS CoV-2. PVP-I efektif mengurangi keparahan durasi infeksi saluran napas,” ujarnya dalam Virtual Media Briefing PVP-I oleh Betadine, Rabu, 8 Juli 2020 lalu.

    “Mekanisme kerja dari PVP-I mampu membunuh kuman adalah pada saat pelepasan iodin bebas, ion povidon-H terbentuk, membuat kandungan tersebut berikatan dengan dinding sel mikroorganisme," papar Prof. Rahmi.

    "Selanjutnya, iodin akan menghancurkan masuk ke membrane sel kemudian menghancurkan protein yang sensitif pada membran atau lapisan sel kuman sehingga terjadi pecahnya sel dan kematian sel kuman,” tambahnya lagi.

    PVP-I sendiri dapat dengan mudah ditemukan dalam kandungan antiseptik yang dijual di pasaran. “Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan penggunaan antiseptik sebagai bagian dari personal hygiene untuk mengurangi paparan dan transmisi penyakit atau infeksi, termasuk covid-19,” tukas Prof. Rahmi. 

    Ia juga menyarankan untuk melakukan gargling atau berkumur sampai dengan tenggorokan untuk mencegah masuknya virus penyebab covid-19. “Hal ini disebabakan oleh virus load terbanyak ada di nasofaring dan orofaring yang menjadi reservoir utama penyebaran droplet atau aerosol,” papar Prof. Rahmi. 

    Dan bagi para tenaga kesehatan, yang terjun langsung menangani pasien yang terinfeksi covid-19, ia menyarankan para nakes untuk berkumur dan ber-gargle dengan PVP-I 0,5 persen - 1 persen dalam rongga mulut hingga tenggorokan selama 30 detik, setiap 4 jam sekali hingga 4 kali sehari.




    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id