Benarkah Gigi Susu Berlubang Tidak Perlu Dirawat?

    Kumara Anggita - 18 September 2020 13:11 WIB
    Benarkah Gigi Susu Berlubang Tidak Perlu Dirawat?
    Gigi susu berperan penting bagi kehidupan anak seperti untuk makan, kepercayaan diri, dan pengucapan kata. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Banyak mitos-mitos yang tersebar terkait kesehatan gigi. Salah satu mitos yang cukup sering dipercayai orang adalah gigi susu yang berlubang itu tidak perlu dirawat. 

    Dokter Gigi, Dita Firdiana mengatakan bahwa gigi susu itu walaupun sifatnya tak selama gigi tetap, tetapi perlu untuk diperhatikan juga. Ini karena gigi susu berperan penting bagi kehidupan anak seperti untuk makan, kepercayaan diri, dan pengucapan kata. 

    “Mitos lagi ya mom. Seperti orang dewasa gigi anak yg berlubang sebaiknya di rawat dan kalau sudah parah banget bisa di cabut,” jelasnya dalam Rompi di Orami Parenting dengan Tema Mitos VS Fakta Seputar Gigi pada Anak.

    “Tapi seperti gigi orang dewasa juga, gigi anak yang dicabut tentu harus diganti,” ujarnya. 

    Gigi susu yang dicabut karena berlubang perlu diganti dengan space maintener. Hal ini dibutuhkan agar pertumbuhan gigi tetap bisa bagus. 

    “Kalau dewasa di ganti pakai gigi palsu, gigi susu di ganti nya dengan space maintener. Kenapa? Agar mempertahankan ruangan yang ada supaya gigi tetapnya ada acuan arah tumbuh dan punya ruangan yang cukup buat tumbuh,” ujarnya. 

    Jadi jangan remehkan gigi berlubang walaupun itu terjadi pada gigi susu yang akan digantikan dengan gigi tetap. Pergilah ke dokter gigi untuk mendapatkan perawatan yang tepat.



    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id