Ketika Pandemi Covid-19 Memengaruhi Mentruasi Anda

    Kumara Anggita - 12 Mei 2020 10:49 WIB
    Ketika Pandemi Covid-19 Memengaruhi Mentruasi Anda
    Ilustrasi-Pexels
    Jakarta: Dalam masa pandemi covid-19, banyak hal yang berubah. Anda tidak bisa keluar rumah, aktivitas Anda berubah, dan bahkan siklus mentrusasi Anda juga ikutan.

    Kira-kira mengapa hal ini terjadi? Berikut penjelasannya yang dilansir dari Huffpost. Siklus mentruasi bisa berubah dalam masa pandemi covid-19, karena gaya hidup Anda berubah. Pada momen ini, banyak orang jadi merasa cemas.

    “Penyebab utama ini adalah stres yang sangat nyata terkait dengan krisis covid-19. Semua mengalami banyak kecemasan saat ini, dan itu dapat berdampak, menurut Beth Donaldson,” ujar Direktur Medis dan Dokter Keluarga dengan Copeman Healthcare.

    "Hormon stres dapat bereaksi dengan siklus hormon yang teratur dan menyesatkan tubuh," kata Donaldson.

    Dalam artian, siklus bisa datang lebih awal, terlambat atau tidak sama sekali. Bentuk paling umum dari siklus menstruasi yang terganggu adalah periode yang terlewat atau tertunda. Pada saat itu, tubuh Anda sesungguhnya sedang beradaptasi untuk melindungi dirinya sendiri.

    “Ketika kita berada dalam kondisi stres yang dirasakan, sistem kami memprioritaskan keamanan daripada ovulasi,” ungkap kata Kate Denniston, seorang dokter naturopati berlisensi di Los Angeles Integrative Health.

    Denniston menambahkan, bahwa ketika stres tubuh seakan memberikan sinyal bahwa pada momen ini, tubuh tak perlu untuk berovulasi atau mentruasi. Ini karena siklus mentruasi harus dicipatkan pada waktu yang tepat.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id